Berita

Cara Memelihara Ikan Dojo Loach yang Unik

Cara memelihara ikan Diji Loach – Ikan yang menarik ini adalah salah satu spesies loach yang paling umum dijumpai di toko ikan hias serta mempunyai beberapa perilaku serta kepribadian yang paling menarik. Meskipun lebih mudah dipelihara daripada spesies lain, mereka umumnya dikategorikan sebagai ikan air dingin serta tidak akan dapat dipelihara dengan ikan tropis lainnya.

Harga Ikan Dojo Loach Jual Ikan Dojo Loach

Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui  seluruh yang perlu Kamu fakta tentang perawatan ikan dojo loach serta cara memelihara ikan Diji Loach salah satu ikan air tawar ini di akuarium Kamu sendiri!

Nama

Misgurnus anguillicaudatus umumnya dikenal sebagai dojo loach, pond loach, oriental weather loach, serta oriental weatherfish. ‘Dojo’ berasal dari kata Jepang untuk loach.

Nan lebih menarik lagi, oriental weather loach diberi nama umum lainnya karena diyakini bahwa perubahan tekanan barometrik menyebabkan ikan ini menunjukkan pola berenang menjadi lebih panik. Perubahan tekanan barometrik umumnya mengindikasikan curah hujan dalam waktu dekat, menjadikan ikan ini ahli meteorologi alami!

Genus Misgurnus masih kurang terdokumentasi serta tidak diketahui, serta jumlah pasti spesies tidak dilaporkan; spesies ini paling banyak ditemukan di seluruh Cina serta Rusia. Namun sebagai anggota keluarga Cobitidae, Misgurnus anguillicaudatus diakui sebagai loach sejati bersama dengan sekitar 260 spesies lainnya.

Baca Juga: Penyebab Ikan Guppy yang Hamil Mati Sebelum Melahirkan

Pelepasan, Hibrida, serta Penggunaan Lainnya

Dojo loach telah menjadi spesies invasif utama di kebanyakan wilayah Amerika Serikat, Kanada, Australia, Eropa, serta Asia. Dipercayai bahwa pelepasan dari akuarium, akuakultur, serta penggunaan sebagai ikan pakan yang populer telah menyebabkan dojo loach berdampak pada banyak ekosistem alami serta rantai makanan yang dihasilkannya.

Dojo loach telah mengalami hibridisasi untuk tujuan penelitian serta dengan cara natural. M. mizolepis serta Paramisgurnus dabryanus adalah dua spesies utama yang telah diketahui berkembang biak dengan Misgurnus anguillicaudatus. Selain itu, ikan ini dihargai karena nilai pengobatannya serta sebagai sumber makanan utama di beberapa negara.

Habitat Alami

Dojo loach adalah merupakan satwa asli sebagian besar Asia timur, termasuk Korea, Cina, Jepang, serta sebagian Vietnam. Ikan air tawar ini dapat ditemukan di sungai besar, sungai kecil, serta rawa yang tenang serta dangkal. Substrat biasanya ditutupi dengan serasah daun atau lumpur, yang memungkinkan loach untuk bersembunyi serta menggali.

Kawasan alami mereka sangat dipengaruhi oleh musim, dengan kadar oksigen serta arus air bervariasi pada waktu yang berbeda dalam setahun. Dojo loach telah mengembangkan usus serta kulit khusus untuk membantu asupan oksigen dari atmosfer kalau kadar oksigen terlarut habis dalam kolom air.

Apabila ini terjadi, Kamu mungkin melihat ikan dojo berenang di permukaan air untuk mencari udara; pada saat yang sama, mereka sanggup mengeluarkan gas usus. Dojo loach juga telah diketahui bertahan dari periode waktu sementara keluar dari air dengan tetap terkubur dalam lumpur yang lembut.

Identifikasi

Ikan dojo loach kadang-kadang salah di identifikasi sebagai spesies loach lain, namun mereka cukup mudah dibedakan kalau Kamu tahu apa yang Kamu cari.

Ikan mirip belut ini hadir dalam berbagai warna, tetapi paling kerap akan ditemukan dalam variasi sandy-tan dengan bintik-bintik coklat serta hitam yang lebih gelap pada sepanjang wilayah punggung mereka; perut bagian bawahnya berwarna putih/krem ​​yang lebih terang. Mereka juga mempunyai barbel yang sangat jelas di sekitar mulut mereka.

Salah satu variasi yang lebih diminati para penggemar hobi adalah variasi emas yang di biakkan secara komersial. Panjang totalitas dojo emas relatif sama, tetapi alih-alih wilayah berpunggung gelap, mereka berwarna kuning indah dengan warna oranye. Kedua variasi ini akan rukun dalam akuarium selama mereka sama-sama dojo loach.

Betina umumnya lebih besar daripada pejantan. Namun jantan mempunyai sirip dada yang membesar serta pola horizontal di belakang sirip punggungnya kalau dilihat dari atas.

Ukuran Dojo Loach

Dojo loach dapat mencapai panjang 30 cm saat telah dewasa. Ikan ini juga dapat hidup sampai berumur 10 tahun, meskipun ini berada di bawah kondisi akuarium serta air yang murni serta jauh lebih mungkin bagi ikan dojo Kamu untuk hidup rata-rata 5-8 tahun.

Apabila dipelihara dengan ikan tropis lain yang membutuhkan suhu air lebih tinggi, diperkirakan dojo loach Kamu mempunyai umur yang jauh lebih singkat, hanya hidup 2-4 tahun. (Ini sangat tidak disarankan!)

Akuarium Dojo Loach

Meskipun mudah untuk dirawat, ikan dojo loach mempunyai beberapa kebutuhan akuarium khusus sendiri. Meskipun tidak mungkin bahwa dojo loach Kamu akan tumbuh hingga ukuran maksimum 30 cm, selalu lebih baik untuk mempunyai lebih banyak ruang daripada tidak cukup.

Ukuran akuarium minimal yang disarankan untuk satu ekor dojo loach adalah 150 liter, serta akuarium 200 liter lebih baik. Beberapa penghobi beruntung mempunyai dojo loach di kolam luar ruangan, tetapi perlu diingat ikan ini adalah ahli melarikan diri yang luar biasa!

Hitung Quantity Akuarium: Panjang Akuarium X Lebar Akuarium X Tinggi Akuarium (cm) : 1000

Meskipun ikan ini dapat tahan terhadap suhu paling ekstrem, mereka paling cocok hidup dalam kisaran suhu antara 14-25 ºC; suhu tidak boleh berfluktuasi terlalu banyak serta tidak boleh berubah secara drastis sepanjang hari karena ini pasti akan membuat ikan stres terlepas dari kemampuannya untuk beradaptasi. pH air perlu dipertahankan antara 6.0-8.0 dengan kekerasan air lunak sampai sedang.

Substrat lunak serta berlumpur diperlukan untuk memungkinkan dojo loach Kamu menggali kedalam; kerikil serta substrat kasar lainnya dapat membuat ikan Kamu stres karena tidak dapat bersembunyi serta menampilkan perilaku natural.

Banyak tanaman serta batu lembut serta kayu apung juga harus digunakan untuk membuat tempat persembunyian tambahan. Krusial untuk memastikan bahwa seluruh dekorasi akuarium serta tanaman ditempatkan dengan aman di dalam akuarium sehingga dojo loach tidak dapat menjatuhkan apa pun saat menggali.

Gerakan air harus minimal. Meskipun ikan ini dapat menahan space dengan oksigen terlarut rendah, aliran air di seluruh akuarium harus ada, tetapi tidak terlalu banyak sehingga ikan, substrat, serta tanaman terdorong ke mana-mana. Pencahayaan akuarium juga harus di sisi redup, meskipun dojo loach dapat mentolerir pencahayaan moderat kalau tanaman yang diinginkan membutuhkan intensitas sedikit lebih tinggi.

Dojo loach membutuhkan ruang antara permukaan air serta tutup akuarium sehingga ada ruang bagi mereka untuk menghirup udara atmosfer kalau perlu. Ini juga berarti bahwa mereka sangat mungkin untuk melarikan diri melalui lubang kecil serta celah-celah lain yang mungkin Kamu miliki antara tutup serta peralatan akuarium; akuarium terbuka tidak cocok untuk mereka.

Beberapa penggemar bahkan kerap menemukan dojo loach mereka kabur serta akan pulih sepenuhnya setelah dimasukkan kembali ke akuarium karena kemampuan mereka untuk bertahan hidup sementara waktu di luar air. Apabila ini terjadi pada Kamu, letakkan kembali ikan dengan hati-hati kedalam akuarium dengan lampu mati. Berikan pelindung lendir kalau Kamu memilikinya serta tunggu selama beberapa hari.

Teman Seakuarium Dojo Loach

Merawat Ikan Dojo Loach Kuning

Salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan dalam memelihara dojo loach adalah bahwa walaupun mereka adalah ikan damai yang akan cocok dengan ikan tropis, mereka tidak dapat berkembang dalam suhu yang dibutuhkan oleh ikan yang sama.

Dojo loach juga lebih suka pencahayaan redup serta aliran air yang lebih rendah, yang perlu dipertimbangkan juga. Ini dapat membuat memelihara dojo loach di akuarium Kamu sedikit lebih sulit, namun itu tidak berarti Kamu tidak dapat mempunyai ikan lain.

Kawan seakuarium yang baik kemungkinan adalah:

Ikan Mas Koki (Carassius auratus)

Ya, dojo loach adalah satu dari sedikit spesies ikan yang dapat dipelihara dengan ikan mas koki. Selama ada ruang yang cukup untuk seluruh ikan (serta filtrasi yang cukup), maka ikan mas serta dojo pasti rukun! Dianjurkan untuk mencoba ini kalau akuarium Kamu setidaknya bervolume 200 liter.

Kuda belang Danio (Danio rerio)

Jenis lain dari spesies ikan air dingin, zebra danio adalah perenang kolom air tengah serta atas yang sangat aktif serta paling cocok dalam suhu air antara 18-24 °C. Ikan bergaris hitam serta perak ini hanya tumbuh sekitar 5 cm, tetapi harus dipelihara dalam kawanan minimal 6 ekor atau lebih. Zebra danio cukup tangguh tetapi masih membutuhkan ruang yang cukup untuk berenang serta berpartisipasi dalam perilaku bergerombol.

White Cloud Mountain Minnow (Tanichthys albonubes)

Mirip (serta terkait erat) dengan zebra danio, white cloud minnow juga akan cocok apabila dipelihara dalam suhu air yang lebih rendah, khususnya antara 15-22 °C. Ikan ini hanya tumbuh sekitar 3 cm serta juga harus dipelihara dalam kawanan minimal 5 ekor atau lebih. Mereka adalah perenang yang cukup aktif mengingat ukurannya yang lebih kecil serta akan menghadirkan keramaian di bagian tengah serta atas akuarium.

Ikan Paradise (Macropodus opercularis)

Apabila Kamu mencari teman yang cantik untuk akuarium dojo loach Kamu, maka ikan paradise pasti akan cocok. Ikan ini adalah versi yang lebih dekoratif dari gurami serta akan tumbuh sekitar 5-10 cm. Meski ikan berwarna-warni ini lebih agresif daripada tankmate yang kami sebut di atas, mereka cenderung hanya mengejar ikan yang lebih kecil. Mereka juga membutuhkan suhu air yang disukai yang serupa dengan yang dibutuhkan dojo loach.

Dojo Loach (Misgurnus anguillicaudatus)

Terakhir, ikan-ikan ini suka dipelihara berkelompok serta akan baik-baik saja kalau dipelihara dalam akuarium bersama spesies mereka sendiri!

Beberapa penghobi mengklaim bahwa dojo loach paling baik hidup dalam kelompok setidaknya tiga ekor, sementara yang lain mengatakan mereka lebih memilih kehidupan yang lebih soliter. Meski setiap ikan berbeda, tampaknya dojo loach terutama suka dekat dengan ikan serupa lainnya. Selalu pastikan bahwa spesies yang Kamu incar cocok dengan persyaratan suhu air dojo loach serta cukup ruang yang dialokasikan.

Ikan penggigit sirip yang lebih agresif harus dihindari. Ingat, jangan pernah menempatkan ikan tropis dengan ikan dojo Kamu karena spesiesnya akan tidak cocok soal suhu air yang disukai.

Perilaku Dojo Loach

Dojo loach mempunyai kepribadian yang sangat menarik yang akan membuat Kamu menebak apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Secara natural, ikan-ikan ini suka tinggal di dekat bagian bawah di tempat persembunyian mereka, di mana mereka dapat menggali kedalam substrat serta mengintip melalui mata mereka. Namun dalam akuarium, mereka cenderung sedikit lebih ramah serta aktif di garis depan akuarium.

Karena itu, mereka tidak boleh dipelihara dengan spesies ikan mas yang lebih lambat, seperti jenis fancy, karena ikan mas mungkin kalah bersaing dalam hal makan. Beberapa orang mengamati bahwa ikan ini cenderung lebih baik dengan spesies mereka sendiri serta ikan lain yang serupa; mereka benar-benar suka bergerombol! Meskipun tidak perlu memelihara lebih dari satu dojo di dalam akuarium Kamu, mereka cenderung lebih aktif serta bahagia di dalam akuarium saat mereka berada di antara yang lain.

Dojo loach juga akan secara natural menjelajah ke atas akuarium untuk bernapas dari waktu ke waktu. Ini tidak perlu dikhawatirkan asalkan mereka tidak melakukannya terlalu kerap. Apabila Kamu melihat dojo loach pergi ke permukaan air untuk bernafas lebih dari beberapa kali setiap hari, itu mungkin karena kurangnya pergerakan air di akuarium Kamu. Agitasi permukaan air yang lebih baik serta pertukaran gas diperlukan dengan menggunakan powerhead atau air stone.

Apakah Dojo Loach Agresif?

Meski kebanyakan ikan dojo loach sangat damai serta bahkan suka bermain-main dengan ikan lain, beberapa penggemar mempunyai masalah dengan ikan mereka yang terlalu aktif serta menggigit sirip. Namun di kebanyakan waktu, selama ukuran akuariumnya memungkinkan serta persyaratan suhu airnya terpenuhi, maka hanya akan ada sedikit atau tidak ada masalah di antara spesies ikan air dingin.

Apabila dojo loach Kamu tampak agresif, cobalah beri makan lebih kerap serta tambahkan lebih banyak tempat persembunyian. Apabila akuarium cukup besar, coba tambahkan lebih banyak dojo loach (tetapi juga bersiaplah untuk mengambilnya kalau semuanya tidak berhasil), dengan harapan bahwa sebuah kelompok akan membantu menurunkan agresi ikan.

Apakah Dojo Loach Memangsa Ikan Lain?

Meskipun jarang, dojo loach dikenal akan memakan ikan yang lebih kecil. Selalu pastikan bahwa loach Kamu memiliki makanan yang cukup sehingga mereka tidak mencoba untuk berburu secara aktif di akuarium Kamu.

Seperti kebanyakan penghuni bawah lainnya, dojo loach juga akan melihat ikan yang mati sebagai makanan. Ini dapat menjadikan mereka anggota yang sangat baik dari kru pembersih Kamu, tetapi tidak boleh digunakan hanya untuk tujuan itu.

Meski dojo loach jarang makan ikan, mereka pasti cenderung mencari udang kecil serta keong. Loach adalah pemakan keong terkenal, serta dojo tidak berbeda! Apabila Kamu benar-benar mau memelihara udang serta keong di dalam akuarium Kamu, maka pastikan bahwa mereka tidak akan dapat masuk kedalam mulut dojo loach Kamu; juga, jangan kecewa kalau ikan Kamu akhirnya memakan teman seakuarium baru mereka!

Meski dojo loach akan memakan invertebrata kecil, mereka biasanya tidak cukup cepat untuk mengendalikan infestasi. Ingat, jangan pernah membeli hewan air lain dengan harapan memperbaiki masalah sementara kecuali Kamu dapat menampung hewan itu tanpa batas waktu.

Makanan Dojo Loach

Dojo loach kebanyakan adalah karnivora, artinya mereka bertahan hidup terutama dari makanan yang mengandung daging, seperti serangga kecil, telur, serta krustasea lainnya. Terlepas dari pilihan makanan mereka, mereka cenderung tidak terlalu pilih-pilih dalam hal perawatan akuarium.

Apa yang Dimakan Dojo Loach?

Kebanyakan, dojo loach akan memakan makanan apa pun yang dilewatinya di dalam air. Karena mereka terutama menempel di dasar akuarium, penting untuk memastikan bahwa ikan air tawar lainnya di dalam akuarium tidak memakan seluruh makanan sebelum sampai ke loach.

Kamu harus memberi dojo Kamu berbagai makanan hidup, beku, serta kering, seperti cacing (cacing tanah, cacing darah, serta lainnya), artemia, serta makanan berdaging lainnya. Bukanlah hal aneh untuk melihat ikan Kamu secara teratur mencari-cari makanan di bagian bawah akuarium Kamu di antara waktu makan.

Apabila Kamu mengalami kesulitan memastikan bahwa ada cukup makanan sampai ke dasar akuarium Kamu, cobalah memberi makan dojo loach Kamu dengan pelet tenggelam.

Pembiakan Dojo Loach

Tak banyak yang diketahui tentang preferensi pembiakan dojo loach serta hanya ada sedikit keberhasilan dalam industri ikan hias. Apabila Kamu mau mencoba membiakkan spesies ini, pertama-tama pastikan pasangan ikan Kamu berjenis kelamin jantan serta betina. Kondisi air harus sedekat mungkin dengan habitat asli serta sangat stabil. Tawarkan berbagai makanan berkualitas tinggi dengan banyak tempat persembunyian di seluruh akuarium.

Apabila Kamu kebetulan memperhatikan telur/burayak, mungkin opsi terbaik adalah mengeluarkannya dari akuarium show serta memindahkannya ke akuarium terpisah dengan kondisi yang sama.

Kesimpulan

Dojo loach adalah spesies penghuni area bawah yang sempurna untuk ditambahkan ke akuarium air dingin Kamu. Mereka adalah satu dari sedikit ikan yang dapat dipelihara dengan ikan mas koki, tetapi juga mempunyai kepribadian  sendiri. Meskipun mereka membutuhkan akuarium yang lebih besar, mempunyai beberapa Misgurnus anguillicaudatus akan membuat akuarium Kamu cantik! Plus, mereka akan merawat satu sama lain hingga 10 tahun.

Back to top button