Ikan

Cara Membuat Ikan Arwana Agar Cepat Besar

Apakah anda merasa tertarik memelihara salah satu jenis ikan arwana? Sebelumnya, anda harus tahu tentang bagaimana cara membuat ikan arwana cepat besar. Secara umum, ikan arwana adalah jenis hewan hias serta menjadi ikan peliharaan yang populer hingga banyak diminati oleh orang-orang. Hal ini bukan suatu kebetulan, karena pada umumnya ikan arwana hewan yang mempunyai bentuk khas.

Ikan arwana memiliki tampilan yang menarik dilihat, bahkan dapat anda pajang di dalam rumah anda sebagai hiasan rumah. Tak hanya itu saja, ikan arwana juga menjadi suatu hewan jenis ikan hias dengan harga yang dapat dibilang mahal. Pasalnya, ikan arwana ini dapat anda beli atau jual dengan harga yang dapat mencapai jutaan rupiah.

Ikan arwana yang mempunyai harga tinggi berupa ikan yang memiliki bentuk menarik serta perawatan yang baik serta benar. Lantas bagaimana cara membuat ikan arwana cepat besar? Membikin ikan arwana cepat besar dapat memakan banyak waktu karena ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Berikut di bawah ini adalah cara-caranya yang perlu anda lakukan!

  • Pemilihan Pakan yang Sesuai

Langkah membuat ikan arwana menjadi lebih cepat besar, maka anda dapat memberikan pilihan makanan yang tepat serta cocok dengan kebutuhannya. Nan umumnya arwana adalah jenis hewan yang dapat menjadi predator di dalam air. Karena, di habitat aslinya, ikan arwana ini akan memangsa ikan yang kecil ataupun serangga agar dapat memenuhi kebutuhan dari proteinnya.

Pemilihan pakan yang cocok merupakan salah satu cara merawat ikan arwana agar cepat besar. Dalam kasus ini, pakan yang tepat serta cocok kebutuhannya dapat diukur dari seperti apa ikan arwana tersebut. Apabila untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan, maka anda dapat memberikan makanan yang berupa jangkrik, ikan kecil, cacing atau udang.

Apabila memakai pakan yang seperti serangga, sebaiknya hindari serangga yang mempunyai cangkang tajam serta tebal. Porsi makannya pun yang masih anakan sampai anak muda dapat diberi dalam sehari 2 atau 3 kali saja. Sedangkan kalau telah makin besar, anda dapat memberikan makan yang hanya dalam 1 kali saja dalam 1 hari.

  • Pemeliharaan Habitatnya yang Bagus serta Benar

Bagi anda yang mau melakukan cara memelihara ikan arwana agar cepat besar, maka anda dapat mengetahui tentang pemeliharaan habitatnya yang baik serta benar. Tujuan dalam pemeliharaan habitatnya adalah untuk merawat hidupnya agar tetap sehat. Serta anda juga harus melakukan pembersihan akuarium terhadap kotoran.

Adapun pemeliharaan yang harus anda lakukan di tiap harinya seperti pengecekan filter, kondisi akuarium serta tiap aksesorisnya serta temperatur air. Buat perawatan mingguan, dimana anda harus lakukan pengukuran kualitas dari airnya hingga kandungan yang ada di dalamnya.

Sedangkan untuk bulanan anda harus mengganti 10 sampai 20% air di akuarium dengan menggunakan air yang baru di tiap minggu kalau diperlukan. Anda juga dapat mengganti 25% air dalam paling kurang 2 atau 4 minggu dalam sekali.

  • Pemisahan Arwana dengan Ikan Lainnya

Kedua poin diatas adalah cara merawat ikar arwana kecil. Nah, kalau telah beranjak dewasa serta memiliki ukuran yang besar, mereka akan memiliki sifat yang akan membuatnya menjadi lebih mudah terganggu kalau ada jenis-jenis ikan lainnya di wilayahnya. Oleh karenanya, anda harus melakukan pemisahan ikan arwana dengan jenis ikan lainnya.

Hal ini bertujuan agar ikan arwana tidak mudah berkelahi dengan jenis ikan lainnya yang di suatu tempat bersamaan. Apabila anda mau meletakkannya di tempat yang bersamaan dengan ikan lain, maka anda dapat memilih ikan yang jinak untuk karakteristiknya serta tidak dapat menggertak ikan arwana yang mau dibikin menjadi lebih besar.

  • Memperhatikan Keadaan Arwana Ideal

Bagi anda yang telah melakukan beberapa poin yang ada di atas, maka selanjutnya anda harus memperhatikan tentang keadaan yang ideal dari ikan arwana. Adapun beberapa ciri-ciri ikan arwana yang berkondisi ideal berupa mata cerah, berenang dipermukaan air, warna tubuhnya nampak berkilau serta makan dengan penuh semangat.

Anda dapat memberikan lokasi yang tidak bising serta juga nyaman buat ikan arwana kesayangan anda. Hal ini bertujuan agar dapat menghindari akan terjadinya mengalami stress sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

  • Mencari tahu Masalah Kesehatannya yang Biasa

Mencari tahu tentang masalah kesehatan umum dari ikan arwana dapat membuat ikan arwana tersebut menjadi lebih cepat besar. Sama seperti jenis hewan lainnya, dimana ikan arwana yang mudah terkena penyakit dapat mengakibatkan lambatnya tumbuh besar serta kurang segar serta sehat. Bahkan ini juga dapat menimbulkan kematian.

Misalnya kurang nafsu makan, tentu saja proses pertumbuhan dari ikan arwana ini akan melambat. Tapi, ada beberapa cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan sehingga ikan arwana tetap tumbuh sehat tanpa terkena penyakit. Namun, apabila terkena penyakit, langsung saja anda melakukan penanganan dengan membawanya ke dokter hewan.

Tiap cara membuat ikan arwana cepat besar yang telah dijelaskan diatas harus anda ikuti dengan baik serta benar, serta harus rutin. Semoga artikel kita pada hari ini dapat berguna ya. Selamat mencoba, terimakasih!

Related Articles

Back to top button