Berita

Kenapa Ikan Cupang Suka Berkelahi dan Kejar-Kejaran

Betta lovers, dengan memiliki akuarium di rumah tentunya itu menjadi hal yang menyenangkan bagi kalian. Buat anda yang tak punya banyak ruang serta mau memelihara ikan cupang yang warna-warni. Anda juga terkadang memperhatikan beberapa ikan cupang akan saling mengejar atau tampak seperti sedang bermain, atau bahkan bertarung. Kira-kira mereka kenapa ya betta lovers?

Nah, saat ini kita akan membahas kenapa ikan cupang berkelahi serta kejar-kejaran? Serta apa solusinya? Buat lebih jelasnya, mari bersama-sama kita simak infonya yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini ya betta lovers!

Alasan kenapa ikan cupang berkelahi serta kejar-kejaran antara lain yakni:

  1. Sedang kawin

Apabila anda memiliki ikan cupang jantan serta betina, maka anda akan mengamati bahwa kejar-kejaran merupakan hal yang regular terjadi, bahkan akan mengalami intensitas yang meningkat saat ikan telah siap untuk melakukan reproduksi. Perilaku tersebut terdiri dari 3 jenis yakni:

  • Persaingan cupang jantan untuk menentukan dominasi
  • Cupang jantan memikat cupang betina untuk kawin
  • Cupang betina mengejar cupang jantan

Dalam perilaku yang ketiga kemungkinan menunjukkan kalau mereka siap kawin atau bahkan mau mengusir cupang jantan yang terlalu bersemangat.

  1. Kepribadian yang tidak cocok

Seperti halnya makhluk hidup, ikan juga memiliki musuh. Terdapat ikan yang cenderung dominan, bahkan sampai bersikap keras. Apalagi ikan cupang telah dikenal memiliki label sebagai ikan petarung. Maka ia akan mengejar atau bahkan berkelahi dengan cupang lainnya kalau ditempatkan dalam satu akuarium yang sama.

  1. Persaingan mencari makan

Tiap jenis spesies memiliki porsi makan yang berbeda-beda. Karena makanan merupakan sumber energi bagi mereka. Apabila ikan cupang tak dapat memperoleh makanan, ikan cupang akan saling berkejar-kejaran bahkan berkelahi satu dengan lainnya. Terutama bagi jenis ikan pemangsa atau predator seperti cupang. Hal ini karena jumlah sumber daya yang terbatas serta cupang perlu nutrisi dari makanan tersebut.

  1. Perebutan wilayah

Apabila dalam akuarium yang berukuran kecil serta terdapat beberapa asesoris di dalamnya, maka benda-benda itu dapat menjadi penghalang bagi cupang untuk bergerak dengan leluasa. Maka hal itu dapat mengakibatkan mereka berbuat apa saja, termasuk melukai teman yang berada dalam satu akuarium. Ini merupakan salah satu penyebab para penghuni akuarium menjadi stres. Apalagi ikan cupang merupakan jenis ikan teritorial, yang akan menyerang siapa saja yang masuk ke wilayahnya.

Solusi agar ikan cupang tak berkelahi serta kejar-kejaran yakni:

  • Sebaiknya memiliki ikan betina dalam jumlah yang cukup dalam akuarium. Idealnya, anda dapat memelihara 2 atau 3 cupang betina untuk satu cupang jantan. Serta pastikan kalau ukuran akuarium cukup memadai untuk menampung jumlah ikan di dalamnya.
  • Pelajari tentang kecocokan antara ikan yang satu dengan lainnya. Apabila anda mau memelihara 2 ekor ikan cupang, namun keduanya tidak saling cocok, maka sebaiknya anda menyediakan dua tempat yang berbeda untuk menghindari perkelahian.
  • Teliti kebutuhan secara spesifik untuk setiap ikan. Pastikan anda menyediakan pakan ikan yang cukup secara berkala untuk seluruh ikan yang anda pelihara.
  • Pilih akuarium dengan ukuran yang tepat serta pelajari jumlah ruang yang dibutuhkan untuk tiap spesies yang mau anda pelihara. Sertakan pula tanaman serta bebatuan untuk tempat ikan bersembunyi. Serta sediakan tempat terbuka yang luas untuk ikan berenang.

Nah sekarang jelas kan betta lovers, kenapa ikan cupang berkelahi serta kejar-kejaran? Kalian juga jadi tau bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Back to top button