Ikan

Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini terkenal dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar serta mempunyai bentuk serta warna yang indah, sehingga tidak heran kalau ikan ini mempunyai harga jual yang cukup tinggi.

Buat perawatan sendiri ikan arwana dapat dibilang gampang-gampang susah. Ikan arwana kerap kali mengalami beberapa masalah, salah satunya masalah terkait hilangnya nafsu makan ikan arwana.

Ikan arwana yang tidak ingin makan tentu saja membuat pemiliknya merasa cemas serta juga khawatir. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ikan arwana yang tidak ingin makan:

  • Berikan Makanan Kesukaan Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan predator yang dapat dipancing dengan memberikan jenis makanan kesukaannya untuk meningkatkan nafsu makan ikan. Makanan yang disukai ikan arwana sendiri cukup beragam, hal ini dapat disesuaikan dengan dengan ukuran ikan.

Buat ikan arwana yang masih kecil atau dengan ukuran kurang dari 18 cm dapat dipancing dengan memberikan cacing tanah beku. Sedangkan untuk ikan arwana yang berukuran lebih besar dari 18 cm dapat coba dipancing nafsu makannya dengan menggunakan jangkrik, udang, ulat Hongkong, serta juga ulat Jerman.

  • Bersihkan Tempat Tinggal Ikan

Kualitas tempat tinggal yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan atau tingkat stres ikan arwana hingga membuatnya tidak nafsu makan. Oleh karena itu pastikan untuk selalu merawat kenyamanan serta juga kesehatan ikan arwana dengan rutin membersihkan akuarium atau kolam tempat tinggalnya.

Kualitas air yang buruk pada akuarium jenis ikan hias predator yang dapat dipelihara ini kerap kali dikarenakan oleh banyaknya kotoran ikan yang menyebabkan akumulasi nitrit, nitrat, serta juga ammonia. Tumpukan kotoran ikan ini kalau dibiarkan dalam waktu yang lama akan membuat ikan menjadi keruh serta tidak baik bagi kesehatan ikan arwana.

Permasalahan air yang kotor pada tempat tinggal ikan arwana dapat diatasi dengan penggunaan aerator. Aerator merupakan peralatan yang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut di dalam air sehingga kebutuhan oksigen ikan arwana tetap dapat terpenuhi.

Selain aerator, jangan lupa untuk jaga memasang filter di dalam akuarium ikan arwana. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran atau sisa makanan ikan arwana sehingga kebersihan air pada akuarium tetap terjaga. Kondisi tempat tinggal yang bersih serta nyaman akan membantu menaikkan kembali nafsu makan dari ikan arwana.

Baca juga: Cara Menggunakan Daun Pisang Untuk Perawatan Ikan Cupang

  • Berikan Jenis Makanan yang Bervariasi

Ikan arwana merupakan jenis ikan pemakan daging atau karnivora. Terlalu kerap memberikan ikan arwana satu jenis makanan yang sama dapat membuatnya merasa bosan serta lama-kelamaan ikan arwana tidak lagi tertarik untuk memakan makanan tersebut.

Langkah mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan, salah satunya adalah dengan memberikan jenis makanan yang beragam untuk melawan ikan merasa bosan.

Pemilik ikan arwana kerap kali memberikan makan berupa pelet karena dianggap lebih mudah serta juga efektif, namun sebaiknya pemberian makan ikan arwana juga dapat diselingi dengan pemberian makanan kering atau juga makanan beku.

Jenis makanan selain pelet ikan yang dapat diberikan pada ikan area misalnya adalah ikan kecil, serangga, cacing, katak, atau udang.

  • Jangan Berikan Terlalu Banyak Makan

Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar yang banyak diminati selain karena bentuknya yang indah namun juga karena tubuhnya yang dapat bertumbuh hingga sebesar 1 m. pada beberapa jenis ikan arwana bahkan dapat tumbuh hingga 2 meter ketika dewasa.

Pemilik ikan arwana kerap kali menyangka dengan memberikan banyak pakan sekaligus merupakan cara membuat ikan arwana cepat besar. Akan tetapi, memberikan pakan ikan banyak-banyak dalam satu waktu malah dapat membuat ikan arwana kehilangan nafsu makannya.

Berikan ikan arwana jumlah makanan secukupnya serta cukup hanya sebanyak 2 kali sehari bagi ikan arwana dewasa. Jangan lupa untuk biasakan jenis makanan untuk ikan arwana kecil serta juga yang besar.

  • Buat Tempat Tinggal Seperti Habitat Aslinya

Nafsu makan ikan arwana yang hilang dapat juga dikarenakan oleh rasa asing karena akuarium atau kolam tempat tinggalnya yang dirasa sangat berbeda dari habitat aslinya.

Oleh karena itu, membuat akuarium atau kolam tempat tinggal ikan arwana semirip mungkin dengan habitat aslinya mungkin dapat membantu untuk mengembalikan selera makan ikan arwana.

Ikan arwana yang merasa tidak cocok dengan tempat tinggalnya akan merasa stres. Tanda ikan arwana stres salah satunya adalah penurunan nafsu makannya.

Oleh karena itu, sebelum memulai memelihara ikan arwana pastikan telah menyiapkan tempat tinggal yang mirip dengan habitat asli ikan arwana. Lengkapi akuarium atau kolam dengan berbagai jenis tanaman air, bantuan, serta juga pasir.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Suka Berkelahi dan Kejar-Kejaran

  • Tambahkan Arus

Memberikan tambahan arus pada akuarium juga dapat membantu mengembalikan nafsu makan ikan arwana yang hilang. Dengan adanya arus yang lebih besar pada suatu akuarium akan menyebabkan ikan arwana untuk berenang berlawanan arah arus tersebut.

Ikan arwana yang berenang melawan arus tentu membutuhkan usaha serta energi yang cukup besar sehingga setelah beberapa saat ikan arwana akan merasa lapar. Secara tidak langsung pemberian arus tambahan membantu meningkatkan nafsu makan ikan arwana

Namun hal yang perlu diingat ketika menggunakan metode penambahan arus untuk meningkatkan nafsu makan ikan arwana adalah jangan berikan arus yang terlalu kuat atau terlalu kencang. Arus yang terlalu kuat malah kan membuat ikan menjadi stres serta semakin tidak ingin makan.

Related Articles

Back to top button