Ikan

Pengganti Daun Ketapang Untuk Perawatan Ikan Cupang

Bagi kebanyakan penggemar cupang di tanah air, daun ketapang telah dikenal memiliki beragam manfaat untuk ikan cupang. Seperti contohnya untuk mempercantik warna ikan cupang atau bahkan dapat menyembuhkan luka pada cupang. Namun, di beberapa wilayah daun ketapang sulit ditemukan oleh para penggemar cupang.

Terus apakan ada pengganti daun ketapang untuk perawatan ikan cupang? Agar lebih jelasnya, langsung saja ya kita simak infonya bersama-sama yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini betta lovers!

Pengganti daun ketapang untuk perawatan ikan cupang

Betta lovers, perlu anda ketahui kalau ada 2 daun yang dipakai oleh para penggemar cupang sebagai pengganti daun ketapang. Kira-kira apa kedua daun tersebut?

  1. Daun pisang kering

Jenis daun yang satu ini sangat berlimpah ditemukan di hampir kebanyakan wilayah di Indonesia. Para grasp cupang ternyata telah banyak yang memanfaatkan daun pisang ini. Walaupun ada pula yang masih belum tau kalau daun pisang kering berguna untuk perawatan cupang.

Namun, dengan catatan tidak seluruh jenis pisang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat cupang ya betta lovers! Karena hanya terdapat beberapa jenis pisang saja yang mempunyai sifat AAB atau dengan nama latin Musa sapientum (Musa sp. Var. Sapientum). Dengan adanya sifat itu, maka daun pisang memiliki manfaat yang baik untuk cupang. Sebagai contoh daun pisang kepok, pisang siam, pisang tanduk, serta pisang raja. Bahkan pohon pisang kepok mudah dijumpai di sekitar kita serta tumbuh secara liar.

Buat cara pengolahan daun ini sebenarnya tak jauh beda dengan daun ketapang kering, hanya saja tipe daun yang dipakai tak sama. Apa saja manfaat daun pisang untuk cupang yakni:

  • Meringankan stres pada cupang
  • Menambah kecerahan warna ikan
  • Buat membantu mempercepat proses pemulihan luka
  • Berperan meningkatkan kesiapan cupang dalam proses pemijahan
  • Memperoleh digunakan sebagai obat penyakit jamur, kerusakan selaput lendir serta juga lainnya
  1. Daun jati kering

Berdasarkan pengalaman salah satu grasp cupang di Indonesia, daun jati kering ternyata sangat baik untuk keindahan warna ikan cupang. Hal itu disebabkan daun jati dapat berguna untuk membersihkan kotoran sekaligus bakteri yang menempel pada tubuh serta ekor ikan cupang. Langkah pengolahannya pun tak jauh berbeda dengan daun ketapang serta daun pisang.

Langkah menggunakan daun jati yang berguna untuk ikan cupang

Betta lovers, ada beberapa langkah yang dapat anda coba untuk memanfaatkan daun jati yang dapat mempercantik warna ikan cupang milikmu. Caranya adalah:

  1. Siapkan wadah seperti akuarium atau ember bekas cat.
  2. Tuangkan air bersih kedalam wadah tersebut serta tambahkan sedikit garam.
  3. Masukkan daun jati kering serta sedikit cairan daun ketapang yang telah direbus.
  4. Langkah selanjutnya masukkan ikan cupang kesayanganmu kedalam wadah yang telah disiapkan tersebut.
  5. Tunggu 2-3 hari, biarkan cupang dikarantina serta letakkan di tempat gelap. Saat karantina tetap sediakan pakan cupang seperti biasa.
  6. Setelah masa karantina selesai, pindahkan ikan cupang kedalam akuarium lain yang telah berisi air bersih.
  7. Pada pagi hari jemur cupang selama 15-20 menit. Terus perhatikan hasilnya, maka ikan cupang kesayanganmu akan memiliki corak warna yang lebih menonjol serta menarik untuk dilihat.

Jadi betta lovers, pengganti daun ketapang untuk perawatan ikan cupang ada 2 adalah daun pisang kering serta daun jati. Setelah anda membaca artikel ini, tak perlu bingung lagi kalau di tempatmu tak ada daun ketapang.

Related Articles

Back to top button