Ikan

Berapa lama proses ikan cupang kawin

apakah kalian mau tau berapa lama proses ikan cupang kawin? Namun, kalian jangan coba-coba untuk mengintip cupang yang sedang kawin ya, karena apa yang anda lakukan itu dapat memicu kegagalan proses perkawinan.

Kemudian bagaimana cara mengetahuinya? Nah, temukan jawabannya pada ulasan yang telah weblog cupang sehat rangkum di bawah ini. Simak dengan baik-baik ya!

Berapa lama proses ikan cupang kawin?

Perlu anda ketahui, kalau lama atau tidaknya proses ikan cupang ketika kawin itu tidak dapat ditentukan dalam hitungan detik, menit ataupun hari. Karena seluruh itu tidak dapat untuk dijadikan patokan. Serta saat ikan cupang kawin, para penggemar cupang biasanya menyebut dengan istilah “berpelukan” merupakan tanda kalau keduanya telah siap untuk melakukan proses kawin.

Ketika cupang jantan memeluk cupang betina, maka telur akan keluar serta dibuahi oleh cupang jantan. Serta itu terjadi sangat cepat, hanya dalam waktu beberapa detik saja yakni antara 10 sampai 30 detik.

Namun, ternyata proses kawin cupang tak secepat itu! Karena ada banyak jumlah telur yang terdapat di dalam perut cupang betina, serta harus dikeluarkan seluruh ketika proses perkawinan terjadi.  Sedangkan satu kali pelukan yang dilakukan oleh cupang terjadi beberapa detik saja, serta saat itu hanya mengeluarkan beberapa butir telur dari perut cupang betina.

Oleh karenanya, diperlukannya beberapa kali pelukan supaya seluruh telur yang terdapat dalam perut cupang betina dapat keluar setelah itu dibuahi seluruh oleh cupang jantan.

Selain itu kalian juga harus tau kapan waktunya ikan cupang kawin, supaya anda dapat tau kapan waktu yang tepat untuk mengambil ikan cupang betina yang telah selesai kawin. Karena pada umumnya ikan cupang kawin pada waktu pagi hari, yakni kisaran antara jam 7 hingga jam 11. Atau dapat juga pada sore hari antara jam 2 hingga jam 5. Dengan begitu para betta lovers, akan tau berapa lama ikan cupang kawin serta kapan harus segera mengambil ikan cupang betina.

Unsur-faktor yang mempengaruhi proses perkawinan cupang

Perlu di ketahui, kalau ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama tidaknya proses ikan cupang saat kawin. Unsur-faktor tersebut antara lain:

  1. Cupang jantan mengalami kesulitan saat memeluk cupang betina

Memang tidak mudah untuk mengawinkan cupang, karena terkadang betina menghindar atau masih malu-malu saat cupang jantan mendekatinya. Bahkan tak jarang keduanya saling berkejar-kejaran karena sang betina tak ingin dipeluk oleh cupang jantan. Pastikan juga, kalau ukuran kedua ikan cupang yang akan kawin hampir sama agar saat mereka berpelukan seimbang.

  1. Kondisi sekitar

Saat kalian mengawinkan ikan cupang perlu dicermati pula kondisi sekitar. Suasana yang sunyi serta tenang merupakan faktor yang baik supaya proses perkawinan tak terganggu.  Selain itu space yang tertutup juga menyebabkan proses kawin cupang menjadi lebih cepat, apabila dibandingkan dengan space yang terbuka.

  1. Jumlah telur di dalam perut cupang betina

Apabila dalam perut ikan cupang betina, jumlah telur yang disiapkan lebih sedikit, maka proses kawin pun menjadi lebih cepat pula. Begitupun sebaliknya semakin banyak jumlah telur dalam perut cupang betina, maka proses kawin akan menjadi semakin lama.

Related Articles

Back to top button