Ikan

Cara Mudah Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Betina Saat Masih Kecil

Bagi kalian yang masih pemula mungkin mengira bahwa cupang memiliki tampilan serta perilaku yang hampir sama. Oleh karenanya wajib hukumnya untuk dapat membedakan cupang berdasarkan jenis kelaminnya. Apalagi kalau betta lovers memiliki kemauan untuk mengawinkan ikan cupang, jadi harus paham untuk memilih mana indukan yang betul. Sehingga saat proses perkawinan berlangsung tak akan terjadi kesalahan.

Oke betta lovers agar anda nggak bingung, ada cara mudah membedakan ikan cupang jantan serta betina saat masih kecil. Langsung saja yuk kita simak bersama-sama infonya berdasarkan ulasan yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini ya!

Cara mudah membedakan ikan cupang jantan dan betina saat masih kecil

Betta lovers, sebelum anda menentukan jenis kelamin cupang pastikan dulu ikan cupang telah berumur anak muda. Kenapa demikian? Ikan cupang yang masih kecil akan susah dibedakan, karena postur tubuhnya masih terlalu kecil.

Apabila umur cupang telah sekitar 2 atau 3 bulan, barulah anda dapat membedakannya. Namun, kalau usianya masih kurang dari 2 bulan, maka cupang masih tampak sangat kecil. Sehingga akan susah membedakan jenis kelamin, mana cupang jantan serta mana cupang betina. Anda dapat mengetahui jenis kelamin ikan dengan cara memperhatikan perbedaan penampilan dari perilaku ikan tersebut.

Menentukan jenis kelamin cupang berdasarkan penampilan yakni:

  1. Tunggu sampai ikan beranjak anak muda atau dewasa

Hal ini disebabkan kalau cupang masih kecil maka karakteristik kelamin pada tubuh cupang belum berkembang secara sempurna.

  1. Lihat bentuk serta ukuran sirip

Ikan cupang jantan :

  • Memiliki sirip belakang, perut serta ekor yang panjang
  • Panjang sirip 2-3 kali panjang tubuhnya
  • Sirip belakang serta ekor kerap terkulai akibat terlalu panjang

Ikan cupang betina:

  • Bentuk sirip perut mirip sisir rambut
  • Memiliki sirip yang berkurang lebih pendek
  1. Lihat warna ikan

Ikan cupang jantan biasanya mempunyai warna yang lebih cerah, apabila dibandingkan dengan cupang betina. Cupang betina biasanya mempunyai tubuh yang berwarna kusam. Tanda ikan cupang jantan yang bagus biasanya mempunyai warna biru, hijau atau bahkan merah cerah.

Namun, warna tubuh juga dapat berubah, karena hal itu tergantung dari tingkat stres ikan.  Cupang betina yang stres justru memiliki warna lebih cerah daripada yang tidak stres.

  1. Perhatikan lubang telur ikan

Pada cupang betina biasanya memiliki titik putih kecil pada bagian bawah tubuh. Titik tersebut hampir sama seperti sebutir garam. Terletak di dekat tepi sirip perut, belakang kepala ikan. Namun, cara ini sulit dilihat kalau cupang betina masih kecil. Langkah ini juga sangat akurat karena cupang jantan tidak punya organ ini.

  1. Membandingkan bentuk tubuh ikan

Cupang jantan bentuk tubuhnya lebih tipis serta panjang. Sedangkan cupang betina lebih tebal serta pendek.

Menentukan jenis kelamin cupang berdasarkan perilaku yakni:

  1. Cari sarang gelembung

Saat cupang jantan dewasa  maka ia siap kawin, serta akan membangun sarang gelembung atau buih pada permukaan air sebagai persiapan membuahi telurnya.

  1. Lihat janggut pada insang ikan

Cupang jantan serta betina memiliki membran di bawah insang yang berbeda warnanya dengan badan, biasanya berwarna hitam atau coklat. Cupang jantan mempunyai janggut yang lebih besar, serta akan tetap tampak saat insangnya terbuka.

Related Articles

Back to top button