Kucing

Harga Kucing Anggora dan Jenis Kucing Anggora

Harga kucing Anggora saat ini beragam mengingat terdapat beberapa jenis kucing anggora yang sudah dikembangkan. Kucing anggora merupakan ras alami alias bukan dari hasil rekayasa genetik ataupun hasil perkawinan silang yang di sengaja. Jenis kucing ini merupakan salah satu jenis kucing cantik di dunia, jadi tidak heran untuk harga kucing ini tergolong mahal dibandingkan dengan kucing lainnya.

Kucing ini berasal dari daerah Ankara, Turki dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Turki. Secara fisik kucing ini mirip dengan seorang balerina dan bisa hidup sampai usia 13 tahun dengan bobot badan mencapai 5 Kg. Jika Anda berniat untuk membeli kucing anggora dan ingin mengetahui harga kucing anggora sebaiknya pelajari dahulu jenis-jenis kucing anggora.

Jenis Kucing Anggora

Ras kucing anggora sebenarnya adalah merupakan ras asli namun sekarang ini telah banyak dikembangkan persilangan antara kucing jenis anggora dengan ras kucing lainnya.

1. Kucing Anggroa Asli (Anggora X Anggora)

Kucing anggora asli
Kucing Anggora Asli | Image Source : www.satwapedia.com

Kucing anggora asli atau murni merupakan jenis yang paling banyak dicari oleh para pencinta kucing karena warna bulunya tidak berubah yang aslinya berwarna putih bersih. Selain bulu yang berwarna putih bersih, jenis kucing ini juga memiliki bentuk wajah yang panjang, hidung mancung serta tulang panjang. Kucing anggora murni tidak mudah di dapatkan karena kucing jenis ini terbatas jumlahnya.

Harga kucing jenis anggora asli tergolong cukup mahal, jika Anda ingin memiliki anakan kucing anggora asli umur 3 bulan setidaknya Anda harus menyiapkan uang 3 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk vaksin karena jika sudah divaksin maka harganya bisa mencapai 7 juta rupiah.

Untuk kucing anggora murni yang sudah berumur 6 bulan atau yang dewasa harganya bisa naik dua kali lipat menjadi berkisar 8 – 9 juta rupiah belum termasuk vaksin. Jika sudah di vaksin harganya juga naik menjadi berkisar 12 juta rupiah.

2. Kucing Anggora Campuran (Anggora X Persia)

Kucing anggora campuran persia
Kucing Anggora Campuran Persia | Image Source : kucingpedia.com

Jenis selanjutnya adalah kucing anggora campuran dengan kucing persia yang dihasilkan dari perkawinan silang antara kucing anggora dengan kucing persia. Keturunan kucing ini menghasilkan jenis yang unik  dan biasanya memiliki bulu serta mata yang cantik seperti anggora namun bentuk wajah dan hidung bulat seperti kucing persia.

Harga kucing jenis ini lebih murah jika dibandingkan dengan kucing anggora murni. Untuk usia kucing 3 bulan dan belum divaksin harganya sekitar 600 – 700 ribu rupiah, sedangkan untuk kucing yang sudah divaksin harganya sekitar 900 ribu – 1,2 juta rupiah. Selanjutnya untuk usia 6 bulan atau dewasa yang sudah divaksih harganya sekitar 1,5 – 2,5 juta rupiah.

3. Kucing Anggora Campuran Lokal (Anggora X Kampung)

Kucing anggora campuran kampung
Kucing Anggora Campuran Kampung | Image Source : kucingpedia.com

Jenis selanjutnya adalah campuran jenis kucing anggora dengan kucing lokal yang dihasilkan dari persilangan kucing anggora dengan kucing kampung. Harga kucing jenis ini juga tentu lebih murah jika dibandingkan jenis kucing anggora sebelumnya. Bentuk fisik kucing ini umumnya memiliki struktur tulang dan bulu seperti kucing kampung namun memiliki bentuk wajah dan mata yang mirip dengan kucing anggora.

Jenis kucing ini cukup banyak peminatnya karena harganya yang cukup murah dan terjangkau. Untuk usia 3 bulan harganya berkisar 200 – 400 ribu sudah termasuk vaksin. Sedangkan untuk yang sudah berusia 6 bulan atau dewasa umumnya dijual sekitar 600 ribu sudah termasuk vaksin. Jika kamu pemula dalam memelihara kucing sangat direkomendasikan untuk memelihara kucing jenis ini.

Harga Kucing Anggora

Untuk harga yang harus kamu keluarkan untuk bisa membeli kucing anggora sangat bervariasi tergantung oleh jenis serta umurnya. Untuk lebih mudahnya silakan lihat tabel harga kucing anggora di bawah ini :

Harga diatas bisa saja berbeda karena tergantung oleh tempat atau daerah, dan data diatas bisa menjadi acuan sebelum membeli kucing anggora yang diinginkan.

Tip Sebelum Membeli Kucing Anggora

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli kucing anggora karena hal ini dapat menentukan apakah kamu benar atau tidak dalam mendapatkan kucing anggora. Sebagai pembeli Anda harus pintar memilih kucing anggora yang ingin dibeli, oleh karena itu perhatikan beberapa tips di bawah ini :

  1. Pilihlah toko hewan atau penjual yang sudah terpercaya.
  2. Pastikan kucing dalam kondisi sehat dengan menanyakan ke penjual serta mengamati kesehatan kucing tersebut dengan teliti.
  3. Cek dan tanyakan apakah kucing yang akan dibeli sudah divaksin atau belum.
  4. Tanyakan keaslian kucing anggora dengan memintak sertifikasi atau menggunakan kemampuan Anda dengan memperhatikan kucing anggora yang asli.
  5. Cek apakah terdapat cacat pada bagian tubuh kucing.
  6. Tanyakan berapa umur kucing sehingga bisa melakukan penawaran yang akurat.

Kami harapkan setelah menyimak artikel ini Anda bisa tahu harga kucing anggora sekaligus jenisnya sehingga tidak salah atau tertipu dalam membeli kucing anggora yang diinginkan.

Related Articles

Back to top button