Kucing

Cara Mengatasi Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Bulu Kucing Rontok – Apabila memelihara kucing maka harus rajin merawat kesehatan tubuh serta bulu kucing. Seringkali bulu kucing mengalami kerontokan sehingga Kamu haru tahu bagaimana cara untuk mengatasi bulu kucing rontok tersebut.

Mempunyai kucing yang berbulu indah serta halus tentu adalah kebanggaan tersendiri bagi pemilik kucing. Apalagi jika anda memilih kucing berbulu panjang, tentu sangat mau bulu mereka tumbuh sempurna. Sehingga ketika ada masalah bulu kucing rontok, tentu bakal langsung bingung.

Karena kerontokan akan membuat tampilan kucing jadi buruk. Kucing yang bulunya dibiarkan rontok tanpa perawatan, tentu akan membuat beberapa bagian tubuhnya jadi tampak gundul.

Selain tampilannya yang jadi tidak menggemaskan, bulu kucing yang rontok juga dapat meresahkan manusia. Apalagi jika anda mempunyai keluarga yang alergi bulu kucing, tentu jadi masalah.

Tak dapat diremehkan, bulu kucing dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit hingga mengganggu pernapasan pada mereka yang mengalami alergi. Belum lagi bulu kucing yang rontok jelas akan mudah menempel di kaos serta kursi, sehingga kondisi kawasan tempat tinggal jadi tidak kondusif.

Karena dapat memicu berbagai masalah itulah, setiap pemilik kucing tentu harus tahu penyebab bulu kucing rontok. Dengan memahami apa penyebabnya, anda akan tahu cara mengatasinya.

Sehingga si kaki empat kesayangan dapat mempunyai bulu yang senantiasa sehat, indah serta lebat. Tentunya kucing yang berbulu tebal akan bikin makin gemas, bukan?

Solusi paling mudah untuk mengatasi kerontokan pada bulu kucing kesayangan adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dokter biasanya akan memberikan pengobatan cocok dengan penyebab kerontokan tersebut.

Kamu juga dapat mengatasinya sendiri di rumah sebelum pada akhirnya di bawa ke dokter hewan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bulu kucing rontok yang dapat anda terapkan.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok:

1. Mandikan Kucing Secara Rutin

Memandikan Kucing Agar Bulu Tidak Rontok
Memandikan Kucing

Cara mengatasi bulu kucing pertama adalah dengan memandikan kucing secara rutin, normalnya satu kali dalam seminggu. Kucing yang mandi rutin akan terhindar dari jamur serta kutu penyebab bulu rontok.

Memandikan kucing akan menghilangkan parasit pada tubuh kucing sehingga dapat merawat kesehatan tubuh serta bulu kucing. Selain itu dengan rutin memandikan kucing akan membuat bulunya lembut serta mengkilap.

2. Pakai Produk Shampoo Yang Cocok

Shampoo Bulu Kucing Rontok
Virbac Sebazole Shampoo Anti Bakteri

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang keenam gunakan shampoo yang cocok ketika memandikan kucing. Shamphoo yang tidak banyak mengandung banyak deterjen adalah pilihan terbaik.

Agar parasit yang menempel di bulunya dapat musnah, anda dapat menggunakan shampoo khusus anti jamur seperti Sebazole.

Namun jika ingin yang lebih hemat, dapat juga memberikan perasan lemon serta cuka yang dapat mengusir kutu-kutu menempel pada bulu kucing. Saat juga telah banyak tersedia shampoo khusus kucing dengan ragam jenis.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Mudah dan Benar

3. Rajin Sisir Bulu Kucing

Rajin Menyisir Bulu Kucing Agar Tidak Rontok
Menyisir Bulu Kucing

Cara mengatasi bulu kucing rontok kedua adalah dengan rajin menyisir bulu kucing setiap hari. Langkah ini paling efektif mengurangi kerontokan bulu kucing.

Saat bulu kucing disisir, metabolisme tubuh kucing dapat makin lancar sehingga seluruh aspek kesehatannya meningkat, termasuk pertumbuhan bulu. Lewat penyisiran pula, anda dapat menghilangkan telur-telur parasit.

Selain itu rajin menyisir bulu kucing juga dapat menghilangkan bulu kucing yang rontok secara natural, sehingga dapat mengurangi hairball.

Buat kucing bulu panjang menggunakan sikat Slicker adalah pilihan terbaik. Sedangkan untuk kucing bulu pendek Kamu dapat menggunakan sikat dua sisi.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tidak Mati

4. Pemberian Vitamin Sesuai Dosis

Vitamin Bulu Kucing Rontok
Vitamin Bulu Kucing

Cara mengatasi bulu kucing rontok ketiga adalah memberikan vitamin kucing cocok dosis. Pemberian vitamin pada kucing tidak boleh berlebihan karena dapat berakibat terjadi kerontokan pada bulunya.

Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah kekurangan gizi. Buat itu beri vitamin pada kucing yang rontok parah, namun harus sesuai dosis.

Beberapa vitamin serta mineral yang diperlukan seperti lemak omega-3, omega-6 hingga vitamin B kompleks.

Apabila tak ingin ribet, beli saja produk vitamin di petshop atau toko on-line, setelah itu sesuaikan dosisnya dengan kebutuhan kucing.

Vitamin bulu kucing rontok yang direkomendasikan adalah Ketwol Drops, Minyak Ikan, Nutricat By Japan, Well Obat Perangsang Tumbuh Bulu, serta Vibac Megaderm.

5. Diberi Makan Bergizi

Kucing Makan
Kucing Makan

Cara mengatasi bulu kucing rontok keempat adalah memberikan makanan bergizi. Untuk membuat kucing sehat dibutuhkan makanan yang seimbang serta kaya omega.

Oleh karena itu berikan makanan kucing yang mengandung rasio asam lemak omega 6 serta 3 yang seimbang. Tujuannya untuk merawat kesehatan tubuh serta melawan bulu kucing rontok.

Saat ini ada banyak produk makanan kering kucing yang diformulasikan khusus untuk pertumbuhan bulu. Selain itu makanan yang tinggi protein serta zat besi juga memberikan dampak positif ke pertumbuhan bulu kucing.

Untuk makanan kucing bulu rontok Kamu bisa memberikannya Royal Canin Hair & Skin, Muezza Cat Food, Equilibrio Adult Hairball serta Proplan Adult.

6. Jaga Kucing Agar Tetap Terhidrasi

Kucing Minum
Kucing Minum

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang kelima adalah dengan merawat kucing tetap terhidrasi dengan baik. Jangan sampai kucing kehilangan cairan tubuh karena kekurangan minum.

Kucing yang kurang minum serta kehilangan cairan tubuh biasanya kulit serta bulu kering mudah rontok. Pastikan air putih bersih selalu tersedia pada kandang kucing.

Perlu diingat juga, kalau air minum tidak tersedia biasanya kucing akan minum air kotor atau sembarang. Hal tersebut dapat menyebabkan kucing mencret.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Menggunakan Sunlight 

7. Jaga Kebersihan Lingkungan Kucing

Lingkungan Kucing Bersih
Kawasan Kucing Higienis

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang ketujuh adalah merawat kebersihan kawasan kucing. Pastikan peralatan kucing seperti kandang, wadah makan serta minum, tempat tidur serta lainnya selalu bersih.

Kucing termasuk binatang yang suka dengan kebersihan, sebenarnya ia tidak nyaman dengan kawasan kotor. Unsur kawasan juga dapat berpengaruh pada kerontokan bulu kucing.

Lingkungan kotor akan menyebabkan kucing terkena jamur, bakteri, cacing serta parasit lainnya. Hal tersebut dapat membuat bulu kucing lusuh serta rontok.

8. Hindarkan Kucing Dari Stres

Kucing Senang Tidak Stres
Kucing Senang Tak Stres | Image Source : https://www.tokopedia.com/

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang kedelapan adalah merawat kucing agar tidak stres. Apabila kucing kadang stres dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh serta bulunya.

Kucing yang mengalami stres bisa menyebabkan bulunya rontok. Jangan sampai mengurung atau meninggalkan kucing dalam waktu lama, hal tersebut dapat membuatnya stres.

Rajinlah mengajak kucing bermain serta jalan-jalan agar kucing senang serta tidak stres. Berikan juga mainan kucing agar dapat dipergunakan untuk bermain serta menyalurkan nalurinya.

9. Grooming Kucing

Grooming Kucing
Grooming Kucing

Langkah mengatasi bulu kucing rontok adalah dengan melakukan grooming. Lakukan grooming ketika cuaca cerah waktunya antara jam 09.00 pagi sampai dengan jam 02.00 siang. Grooming biasanya dilakukan sebulan sekali atau seminggu sekali.

Grooming dapat merawat kebersihan kucing, melawan penyakit atau parasit masuk kedalam tubuh, mengurangi bulu rontok serta merawat kondisi bulu serta kulit kucing tetap baik.

10. Bawa Ke Dokter Hewan

Membawa Kucing Ke Dokter Hewan
Membawa Kucing Ke Dokter Hewan | Picture Supply : https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Apabila Kamu telah melakukan cara mengatasi bulu kucing namun bulu kucing masih tidak hasil, bahkan bulu kucing rontok hingga botak maka segera bawa ke dokter hewan.

Dokter hewan akan memeriksa penyebab kerontokan pada bulu kucing serta mengobatinya. Tentu Kamu harus mendatangi dokter hewan yang terpercaya, jangan sampai salah pilih dokter hewan.

Dapat jadi bulu kucing rontok karena diakibatkan mengidap penyakit. Dengan dilakukan penyelidikan menyeluruh pada kucing akan diketahui penyebabnya setelah itu solusinya.

Berikan keterangan yang jelas mengenai gaya hidup serta perawatan kucing yang telah Kamu lakukan kepada dokter. Sehingga dokter akan memberikan saran serta obat yang tepat untuk kucing yang mengalami kerontokan bulunya.

Tak terlalu sulit bukan dalam mengatasi bulu kucing rontok? Asalkan anda merawatnya dengan penuh kasih sayang serta memperhatikan betul asupan gizinya, kucingmu akan tumbuh secara maksimal.

Ingin kucing bulu pendek atau bulu panjang, perawatan yang tepat dapat membuat bulunya tampak berkilau serta makin menggemaskan.

Related Articles

Back to top button