Anjing

Anjing Shih Tzu: Harga Anjing Shih Tzu, Ciri-Ciri, Sifat, Makanan, Cara Merawat

Setiap jenis anjing memang mempunyai daya pikat tersendiri, termasuk si unik yang bernama anjing Shih Tzu.

Terlahir dengan wajah yang menggemaskan, anjing satu ini termasuk yang banyak dipelihara kebanyakan orang saat ini.

Apabila anda tertarik untuk memeliharanya, yuk kenalan lebih jauh dengan anjing imut dengan tubuh kecil serta anggun ini.

Sejarah Anjing Shih Tzu

Sejarah

Keberadaan jenis anjing ini pertama kali ditemukan dari dokumen serta lukisan abad ke-16. Anjing ini disebut-sebut berasal dari kerajaan Cina.

Sejarah mencatat bahwa anjing ras Shih-Tzu masih mempunyai silsilah dengan anjing Tibetan Mountain.

Tak hanya itu, kerajaan Cina sampai-sampai tidak mau memperdagangkan anjing ini hingga tahun 1930.

Anjing ini selalu mendapat tempat istimewa pada masanya serta hanya orang-orang kerajaan saja yang dapat mempunyai anjing ini. Karena, Shih Tzu melambangkan kekayaan serta keistimewaan.

Ciri-Ciri Anjing Shih Tzu

Ciri-Ciri Shih-Tzu

Apakah Kamu cukup acquainted dengan anjing asal kerajaan ini? Ya, secara fisik, Kamu dapat mengetahui anjing ini dengan mudah.

Salah satu yang menjadi ciri khas mereka adalah:

  • Mempunyai bulu yang tebal serta lurus ke bawah. Ikatlah bulu pada bagian mata agar tidak mengganggu penglihatannya.
  • Struktur mukanya kecil serta imut. Pada bagian mata biasanya berwarna cokelat tua, biru, atau hitam.
  • Telinga serta bagian ekornya tertutupi oleh bulu yang lebat.
  • Anjing ini mempunyai kumis serta jenggot memanjang seperti bulu-bulu yang melindungi tubuhnya.
  • Secara fisik, anjing ini berukuran kecil, pendek, serta tubuhnya agak memanjang.
  • Shih Tzu dewasa mempunyai bobot tubuh sekitar 4-7 kg dengan tinggi badan sekitar 28 cm.
  • Anjing ini biasanya hidup selama 15 tahun bahkan lebih.

Sifat Anjing Shih Tzu

Sifat Anjing Shih Tzu

Sebagaimana anjing pada umumnya, Shih Tzu adalah pendamping yang setia serta mudah untuk berinteraksi dengan manusia.

Kamu perlu mengenali sifat serta karakternya secara mendalam agar tidak kebimbangan saat merawatnya nanti. Berikut dibawah ini diantaranya:

  • Anjing ini sangat ramah, penuh keceriaan, serta mudah berbaur dengan manusia.
  • Anjing Shih Tzu sangat cocok dipelihara oleh sebuah keluarga yang mempunyai anak.
  • Termasuk anjing yang energic, terlebih saat anjing ini menginginkan sesuatu.
  • Terkadang sangat manja karena mau selalu berada di sekeliling manusia.
  • Suka diajak berjalan-jalan serta duduk di pangkuan manusia.
  • Jangan berikan tugas merawat rumah pada anjing ini karena karakter serta bentuk fisiknya yang imut tidak dapat Kamu andalkan.
  • Kamu wajib melatih anjing ini agar mereka dapat mengikuti aturan di rumah.
  • Apabila tidak, biasanya anjing ini akan lebih sulit diatur serta cenderung kadang berperilaku agresif.

Fakta Unik Mengenai Anjing Shih Tzu

Tak hanya imut serta lucu, masih banyak fakta unik lainnya mengenai anjing Shih Tzu yang pasti akan bikin anda semakin jatuh cinta dengan anjing yang satu ini. Yuk, simak ulasannya di sini.

  1. Arti Namanya adalah ‘Singa Kecil’

Tahukah anda bahwa nama Shih Tzu artinya adalah singa kecil. Orang-orang berasumsi bahwa hal itu mungkin ada kaitannya dengan Dewa Pembelajaran Buddha Tibet. Menurut legenda Buddha Manjusri, sang Dewa Pembelajaran, bepergian dengan seekor anjing singa kecil yang akan berubah menjadi singa berukuran penuh serta menggendong sang Dewa di atas punggungnya.

  1. Merupakan Ras Anjing Kuno

Shih Tzu adalah anjing ras yang telah ada sejak lama, adalah lebih dari 1000 tahun. Meski banyak orang mengira anjing mungil ini berasal dari China, Shih Tzu sebenarnya berasal dari Tibet. Mirip dengan Lhasa Apso serta Pug, Shih Tzu adalah anjing yang dihormati yang kadang diberikan sebagai hadiah, seperti untuk bangsawan China. Terdapat kepercayaan bahwa orang China akhirnya membiakkan Shih Tzu dengan Pugs, Pekingese atau Lhasa Apsos yang akhirnya menghasilkan Shih Tzu modern seperti sekarang.

  1. Hadir dengan Berbagai Warna Bulu yang Berbeda

Anda dapat menemukan anjing Shih Tzu dengan berbagai warna bulu yang berbeda, termasuk hitam, putih, coklat, belang-belang, emas, serta biru. Shih Tzu dengan rambut yang panjang memerlukan lebih banyak perawatan serta rambutnya harus disikat setiap hari. Itulah mengapa banyak pemilik Shih Tzu memotong rambut anjing mereka menjadi ‘puppy cut’ agar perawatannya lebih praktis. Menurut American Kennel Club, rambut di bagian atas kepala Shih Tzu sebaiknya diikat atau dipotong pendek agar tidak mengiritasi mata mereka.

Baca juga: Anjing Alaskan Malamute: Harga, Ciri, Sifat, dan Cara Merawat

  1. Tidak Perlu Banyak Berolahraga

Selama awal abad ke-20, Shih Tzu menjalani kehidupan yang mewah serta sangat dimanjakan di dalam istana kerajaan. Mereka memang dibiakkan sebagai teman untuk memberi kehangatan bagi para penghuni kerajaan. Shih Tzu menghabiskan kebanyakan hari-hari mereka dalam kenyamanan di istana, sehingga anjing-anjing kecil ini tidak memerlukan banyak olahraga.

Jalan-jalan pendek setiap hari serta bermain dengan pemiliknya, biasanya telah cukup untuk memenuhi kebutuhan kegiatan mereka. Itulah mengapa Shih Tzu merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat cocok bagi anda yang tinggal di apartemen.

  1. Tidak Bisa Mentolerir Udara Panas

Shih Tzu tidak dapat mentolerir panas dengan baik karena mereka mempunyai wajah yang datar serta bulu yang dua kali lipat lebih tebal. Shih Tzu adalah jenis anjing brachycephalic, yang berarti wajah mereka datar serta berhidung pesek. Hal itu dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada beberapa anjing, serta membuat mereka lebih sulit bernapas saat berolahraga, stres atau panas. Karena itu, sebaiknya tempatkan Shih Tzu di ruangan ber-AC selama musim panas.

  1. Termasuk Ras Anjing Berumur Panjang

Shih Tzu umumnya adalah anjing sehat yang hidupnya rata-rata mencapai 10 hingga 18 tahun. Beberapa masalah kesehatan yang rentan menyerang mereka, antara lain displasia pinggul, masalah gigi, displasia ginjal, luksasi patela (tempurung lutut yang tergelincir), serta masalah mata seperti katarak, atrofi retina progresif, serta ablasi retina.

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Keputusan memelihara anjing adalah hal yang besar. Karena, Kamu sepenuhnya mempunyai tanggung jawab baru untuk merawat hewan ini sepenuh hati.

Jadi, penting bagi Kamu untuk tahu tentang perawatan excellent untuk anjing unik ini. Yuk, simak bagaimana perawatannya dibawah ini dengan baik!

1. Ajak Beraktivitas

ShihTzu adalah jenis anjing yang sangat aktif serta mempunyai stamina besar. Kamu wajib membawanya setiap hari untuk sekadar berjalan-jalan.

Anjing yang tidak mempunyai kegiatan rutin seperti itu, maka anjing akan lebih mudah stres serta berperilaku agresif bahkan membahayakan bagi orang sekitar.

2. Lakukan Grooming

Langkah merawat anjing Shih Tzu yang benar adalah dengan memperhatikan bulu-bulu yang memanjang pada tubuhnya. Kamu wajib menyikat bulunya setiap hari agar tetap terawat.

Jangan lupa, Kamu harus mengikat bulu yang menumpuk pada bagian kepala serta mukanya. Pastikan juga untuk rutin memandikan serta memperhatikan kesehatan bulunya.

Apabila mau lebih sederhana lagi, Kamu dapat memotong bulunya lebih pendek agar tidak terlalu repot dalam perawatannya.

3. Perhatikan Tempat Tinggal

Anjing ini membutuhkan tempat yang cukup luas agar dapat beraktivitas. Begitupun saat di dalam ruangan, Kamu wajib memastikan suhunya sejuk.

Karena, anjing ini sangat sensitif dengan temperatur serta kondisi tempat tinggalnya. Pastikan untuk benar-benar nyaman dengan selalu merawat kebersihan.

4. Rutin Melatih Anjing

Jenis anjing Shih Tzu membutuhkan pelatihan yang konsisten. Watak buruk anjing ini akan lebih dominan kalau Kamu tidak memberikan pelatihan dasar.

Memang butuh ekstra kesabaran, namun Kamu sebagai pemiliknya harus rela meluangkan waktu agar dapat melatih anjing lucu ini.

5. Rutin ke Dokter Hewan

Kunjungi dokter hewan secara rutin untuk melakukan check up pada anjing ini. Pasalnya, anjing imut ini rentan mengalami lutut geser serta cakram tulang belakang.

Kondisi tersebut terjadi karena ukuran tubuhnya yang panjang dengan kaki-kaki pendek. Saat usianya masih muda, anjing ini rentan mengalami infeksi pada bagian tubuhnya seperti telinga, mata, ataupun gigi.

Penting juga untuk selalu memantau bobot tubuhnya agar, anjing tidak mengalami obesitas. Hal ini juga termasuk dalam pemilihan makanan anjing.

Makanan Anjing Shih Tzu

Makanan Anjing Shih Tzu

Kamu harus memperhatikan jadwal makan anjing ini dengan benar. Takarannya mulai setengah sampai satu cangkir makanan kering untuk umur dewasa.

Kamu dapat membagi ukuran tersebut untuk dua kali makan. Kamu dapat memberikan minyak ikan sebagai multivitamin agar meningkatkan nafsu makan.

Bolehkah memberikan makanan ringan atau snack untuk anjing Shih Tzu? Tentu saja. Berikan makanan ringan secukupnya agar anjing tidak kelebihan berat badan.

Harga Anjing Shih Tzu

Harga untuk anak anjing Shih Tzu di Indonesia dapat mencapai 1 hingga 2 juta satu ekornya. Ada juga yang diimpor dari Thailand yang dapat mencapai 2 hingga 3 juta.

Namun secara umum, harga anjing shih tzu ada di tabel berikut:

Jenis Harga
Shih Tzu Puppy Jantan Rp900.000 – Rp1.500.000
Shih Tzu Puppy Betina Rp1.500.000 – Rp2.500.000
Micro size Shih Tzu jantan super quality Rp2.500.000
Mixbreed Shih Tzu x Maltese Rp1.800.000
Mixbreed Shih Tzu x Pekingese Rp1.800.000

Keputusan untuk memelihara anjing bukanlah perkara kecil. Kamu wajib mengenal jenis anjing serta berbagai perawatannya, termasuk cara untuk memelihara anjing Shih Tzu.

Pastikan Kamu mempunyai budget yang cukup untuk memberikan perawatan terbaik bagi anjing menggemaskan ini, ya.

Related Articles

Back to top button