Anjing

Anjing Samoyed: Harga Anjing Samoyed, Ciri-Ciri, Sifat, Makanan, Cara Merawat

Anjing Samoyed – Angkat tangan Kamu kalau tidak terpaut dengan suasana senang dari anjing Samoyed. Karena Kamu akan jatuh hati dengan anjing berbulu lebat serta seputih salju ini.

Karakternya yang periang serta ramah, membuat anjing asal Kutub Utara ini banyak jadi pilihan sebagai anjing setia pendamping keluarga.

Jadi, sebelum Kamu memutuskan untuk mengadopsi anjing yang lucu serta mempunyai wajah senang ini, yuk kenalan lebih jauh dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

Sejarah Anjing Samoyed

Sejarah Anjing Samoyed

Usul muasal anjing ini dari Siberia, Asia Utara. Nama Samoyed diambil dari salah satu suku yang mengembangbiakan anjing ini, adalah suku Samoyed.

Etnis Samoyed kerap menggunakan anjing ini sebagai pekerja. Mereka banyak membantu suku Samoyed saat menarik kereta.

Kamu pasti acquainted dengan anjing yang menarik kereta Santa Claus di film-film saat natal, bukan? Nah, anjing berbulu putih itu adalah anjing Samoyed.

Tak heran kalau struktur fisik anjing ini berbulu tebal. Karena, daerah tempat asalnya sangat dingin hingga mencapai minus puluhan derajat celcius.

Ciri-Ciri Anjing Samoyed

Ciri-Ciri Anjing Samoyed

Penelitian terkini menyebutkan, jenis anjing ini termasuk dalam 13 ras anjing yang paling kuno. Hal tersebut didapatkan dari hasil pengujian DNA-nya oleh para peneliti.

Tapi anda jangan heran dulu, meskipun mukanya mirip serigala, namun anjing ini sama sekali tidak mempunyai keturunan serigala, ya.

Sebagai pecinta anjing, Kamu perlu tahu ciri utama dari anjing bermata cantik ini. Berikut dibawah ini diantaranya:

  • Bulu berwarna putih bersih, beberapa ada juga yang mempunyai warna putih biskuit atau cokelat muda.
  • Ketebalan bulunya berfungsi ganda, adalah untuk membuat tubuhnya tetap hangat serta untuk melindungi tubuhnya dari berbagai kotoran bahkan kutu.
  • Daun telinganya mirip serigala yang berbentuk segitiga.
  • Telinganya yang tegak merupakan tandanya agar selalu waspada dengan daerah sekitar.
  • Matanya berwarna cokelat gelap, jernih, serta lucu.
  • Bagian mulutnya tertarik ke atas saat anjing Samoyed menjulurkan lidah, yang menjadi alasan mengapa anjing ini mempunyai julukan sebagai the smile canine.
  • Bagian ekor dari anjing ini melengkung ke belakang.
  • Samoyed jantan yang telah dewasa beratnya sekitar 20-32,5 kg, sedangkan tingginya 21-23,5 inci.
  • Samoyed betina yang telah dewasa beratnya sekitar 17-25 kg, sedangkan tingginya 19-21 inci.

Sifat Anjing Samoyed

Sifat Anjing Samoyed

Seperti yang telah diulas sebelumnya, jenis anjing Samoyed ini tergolong anjing yang ramah serta riang. Jadi akan sangat cocok menjadi anjing peliharaan kesayangan keluarga.

Namun anda juga wajib mengetahui tentang sifat dari anjing ras satu ini, sebagai berikut:

  • Secara naluri, ras anjing ini sangatlah aktif serta atraktif. Oleh karena itu, mereka butuh ruang gerak yang luas serta daerah yang nyaman agar dapat berlarian.
  • Ajak anjing berjalan-jalan secara rutin meskipun cuaca yang cukup dingin.
  • Anjing ini selalu dapat menemani Kamu.
  • Agar tetap aman, pastikan untuk tetap mengikatnya dengan tali saat berjalan-jalan. Karena, anjing ini gemar mengejar apa pun yang menarik perhatiannya.
  • Sebagaimana jenis anjing lainnya, Samoyed butuh dilatih secara rutin agar dapat mengikuti instruksi pemiliknya.

Cara Merawat Anjing Samoyed

Cara Merawat Anjing Samoyed

Krusial untuk mengetahui perawatan yang tepat kalau Kamu memutuskan untuk mengadopsi anjing Samoyed.

Yuk, segera ketahui tentang perawatannya dengan teliti serta tidak boleh terlewatkan!

1. Cek Riwayat Kesehatan

Sebelum mengadopsi anjing jenis ini, pastikan Kamu mengecek riwayat kesehatannya. Karena hal ini cukup penting, namun tidak sedikit yang mengabaikannya.

Beberapa anjing Samoyed mempunyai penyakit bawaan yang terjadi secara genetik, seperti  glaucoma, hip dysplasia,patellar luxation, hypothyroidism,diabetes mellitus, atau most cancers.

2. Ruang yang Luas

Anjing Samoyed sangatlah atraktif serta mempunyai stamina yang kuat. Griya dengan halaman luas lebih adalah rekomendasi paling tepat sebagai tempat tinggalnya.

Anjing ini juga butuh bergerak dengan bebas serta lincah. Apabila Kamu hanya tinggal di apartemen, sebaiknya pikirkan ulang kalau mau mengadopsi anjing ini.

3. Perhatikan Temperatur Suhu

Anjing ini secara fisik telah di design untuk keadaan ekstrem yang dingin cocok dengan habitat aslinya. Namun bukan berarti Kamu tidak dapat memelihara anjing ini di iklim tropis, ya.

Saat kondisi cuaca panas, batasi segala bentuk kegiatan olahraga. Pilih waktu pagi hari atau sore menjelang malam untuk mengajaknya berjalan-jalan keluar.

Saat berada di dalam rumah, pastikan untuk tetap menyalakan AC agar anjing samoyed tetap merasa nyaman sekalipun cuacanya sedang panas.

4. Kegiatan Bermain

Keamanan adalah hal yang utama agar anjing Samoyed tetap nyaman beraktivitas. Karena seperti yang telah disebutkan diatas, anjing ini sangat aktif.

Saat mulai mengajaknya bermain serta melompat, pastikan Kamu tidak mengajaknya bermain di atas jalanan aspal yang keras.

Karena, kalau terlalu antusias, anjing ini akan melompat dengan sekuat tenaga serta skenario terburuk tubuhnya akan jatuh menghantam aspal.

Jadi, pastikan untuk memilih tanah yang berumput saat mengajaknya bermain, ya.

Tips Memelihara Anjing Samoyed

Temperamen ramah serta perhatian menjadikan Samoyed anjing keluarga yang fantastis. Mereka sangat akrab dengan anak-anak serta umumnya mempunyai temperamen yang sangat sabar. Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu anda tahu sebelum mengadopsi anjing Samoyed:

  1. Perawatan Bulu

Bulu putih pada anjing Samoyed sangat indah. Jadi, untuk menjaganya, tentu perawatan sangat penting. Faktanya, banyak pemilik anjing ini tidak meluangkan banyak waktu untuk merawat bulu anjing tersebut, sehingga justru membuat Samoyed tampak seperti domba. Selain itu, banyak anjing Samoyed suka bermain di lumpur, jadi merawat kebersihan bulunya adalah pekerjaan sehari-hari.

Penting untuk dicatat bahwa anjing Samoyed mempunyai bulu ganda yang cukup tebal. Tanpa perawatan teratur, itu akan membuat bulunya mudah kusut. Mandi teratur dengan sampo berkualitas tinggi juga merupakan suatu keharusan.

  1. Melatih Anjing Samoyed

Anjing Samoyed sangat cerdas serta sangat mandiri. Mereka mau melakukan sesuatu sendiri. Namun, kalau anda mempunyai kesabaran, dedikasi, serta sikap tenang, anda dapat mengajarkan beberapa perintah dasar serta cara melakukan beberapa trik. Apabila mau melakukan itu, anda harus tetap positif, mengadakan sesi latihan yang lebih singkat, serta membuatnya menyenangkan.

  1. Perhatikan Kondisi Kesehatannya

Sebagai ras yang sangat tua serta murni, Samoyed relatif sehat. Namun, mereka dapat mengembangkan penyakit tertentu, jadi anda harus berhati-hati akan hal itu. Anjing ini rentan mengalami kondisi kedokteran seperti displasia panggul, perut kembung, atrofi retina progresif, infeksi kulit, masalah gigi, kegemukan, hingga diabetes.

  1. Memanfaatkan Daya Anjing Samoyed

Kebanyakan orang menyukai anjing Samoyed karena penampilan mereka. Namun, sebenarnya Samoyed adalah anjing jenis pekerja.  Ini berarti bahwa Samoyed mempunyai banyak energi serta tentunya membutuhkan banyak latihan untuk tetap sehat serta bahagia.

Anjing Samoyed membutuhkan dua kali jalan-jalan panjang per hari serta kunjungan harian ke taman. Anjing ras ini juga suka menjelajahi ruang baru sehingga mengubah pemandangan dengan pergi ke taman anjing yang berbeda atau mendaki juga disarankan. Sederhananya, kalau anda suka bersantai di rumah serta tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di luar, sebaiknya pilih jenis yang berbeda.

Makanan Anjing Samoyed

Makanan Anjing Samoyed

Pemberian makanan untuk anjing ini sangat tergantung dengan ukuran, umur, bentuk tubuh, metabolisme, serta tingkat aktivitasnya.

Berdasarkan rekomendasi, Samoyed dewasa idealnya makan 1,5 – 2,5 cangkir makanan kering. Ukuran tersebut dibagi menjadi dua kali makan.

Berikan makanan dengan nutrisi seimbang. Komposisi makanan haruslah berkualitas baik yang terdiri dari 22-24% protein serta 12-15% lemak.

Perlu perhatian ekstra saat memberikan asupan makanannya. Makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuhnya.

Harga Anjing Samoyed

Harga dari anjing samoyed sebenarnya cukup beragam, tergantung dari kondisi serta usianya. Berikut tabel kisaran harga untuk anjing samoyed di pasaran:

Kondisi Harga
Samoyed Pet Betina Rp6.500.000
Samoyed Jantan Stambum Rp7.000.000
Samoyed Pet Stambum Rp7.000.000
Samoyed Jantan Indukan Rp5.500.000
Samoyed Betina Indukan Rp7.000.000

Sekian informasi mengenai harga, sejarah, ciri-ciri, sifat, makanan, serta cara merawat anjing samoyed secara lengkap. Terdapat baiknya Kamu pelajari lebih dalam tentang anjing ini sebelum mengadopsinya.

Terlebih, berikan perhatian serta seluruh kasih sayang Kamu pada anjing periang ini adalah sebuah kewajiban. Jadi, apakah Kamu telah siap untuk mempunyai anjing yang lucu ini?

Related Articles

Back to top button