Anjing

Anjing Shiba Inu: Harga, Ciri, Sifat, Cara Merawat, dan Makanan

Anjing Shiba Inu – Apabila Kamu harus menebak, berasal dari manakah jenis anjing Shiba Inu yang dapat dibilang cukup unik ini? Ya, anjing ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang.

Sama seperti jenis anjing di kawasan Arktik, anjing Shiba memiliki ciri khas bulu tubuh tebal serta panjang. Selain itu, anjing Shiba dikenal sebagai anjing pintar.

Apabila Kamu mau merawat anjing Shiba, simak dulu yuk beberapa hal yang harus Kamu tahu. Mulai dari sejarahnya, ciri-cirinya, sifatnya, cara merawatnya, harga, hingga makanannya agar Kamu dapat menjadi adopter anjing terbaik.

Sejarah Anjing Shiba Inu

Sejarah

Asal muasal anjing Shiba dari Jepang. Tepatnya telah ada sejak zaman kuno Jepang. Maka tak heran, hasil DNA pun menyatakan bahwa Shiba termasuk ‘ras terprimitif’ serta menjadi satu-satunya yang tidak menyertakan nama asal daerahnya.

Sementara, untuk penamaannya sendiri, itu ada beberapa alasan ‘kenapa dinamai Shiba Inu. Inu artinya anjing serta Shiba menurut bahasa Jepang kuno artinya mungil. Ya, penamaan ini memang cocok dengan ukurannya yang mungil, berbulu coklat, serta suka di semak-semak.

Ciri-Ciri Anjing Shiba Inu

Ciri-Ciri Anjing Shiba Inu

Terdapat beberapa ciri khusus dari anjing Shiba yang harus Kamu ketahui. Berikut beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Kebanyakan warna bulunya coklat kemerah-merahan.
  • Minoritas warna bulunya hitam serta warna lapisan dalamnya coklat muda hingga abu-abu.
  • Apabila lapis dalamnya rontok, akan berganti bulu baru setiap tahun sebanyak dua hingga 3 kali.
  • Bulu pendek berlapis dua. Lapis atasnya kasar, sedangkan lapis bawahnya halus serta tebal.
  • Kuping serta ekor melengkung.
  • Tubuh berotot.
  • Gerakan lincah serta energik.
  • Bersifat awas serta hati-hati.
  • Loyal terhadap majikannya.
  • Rata-rata tinggi anjing Shiba dewasa 33-46 cm.
  • Rata-rata berat anjing Shiba dewasa 8-10 kg.
  • Tingkat kecerdasan di atas rata-rata.
  • Suka kebebasan.

Sifat Anjing Shiba Inu

Sifat Shiba inu

Setiap jenis anjing telah pasti mempunyai sifat berbeda-beda, begitupun dengan anjing Shiba. Berikut sifat-sifat anjing Shiba Inu yang harus Kamu ketahui.

  • Tubuh anjing tahan dengan empat perubahan musim di Jepang.
  • Zaman dulu, anjing ini dijadikan sebagai kawan berburu hewan kecil. Namun, sekarang anjing ini dijadikan sebagai hewan peliharaan.
  • Anjing cowok dijadikan sebagai penjaga. Karena, selain mempunyai sifat setia terhadap majikannya, juga terkenal berani, pintar, awas, serta tidak gampang jinak dengan orang asing.
  • Ada Mame Shiba, adalah anjing yang mempunyai ukuran lebih kecil daripada Shiba biasa. Tetapi, nama ini tidak menandakan perbedaan jenis, murni hanya perbedaan penyebutan.

Cara Merawat Anjing Shiba Inu

Cara Merawat Anjing Shiba Inu

Meski termasuk hewan yang susah jinak dengan orang asing, tetapi anjing Shiba lumayan mudah untuk beradaptasi. Asalkan Kamu teratur serta sabar dalam melatihnya sejak kecil.

Sebaliknya, kalau tidak dilatih, maka anjing akan mudah agresif dengan lawan bermainnya, bahkan orang asing sekalipun. Untuk itu perhatikan cara perawatan anjing Shiba Inu berikut ini.

Perhatikan Kondisi Lingkungan

Hewan ini mempunyai bulu tebal ganda. Yang mana, ini akan sangat berfungsi saat musim dingin datang untuk menghangatkan tubuh. Namun, juga menjadi perhatian tersendiri dalam hal memastikan ketersediaan (kecukupan) air saat musim panas datang.

Kebutuhan Olahraga

Meski mempunyai sifat energik, itulah alasan anjing tetap membutuhkan olahraga loh, agar tetap segar bugar. Nah sebagai majikan, Kamu harus mengajaknya berolahraga dengan teratur, minimal berjalan kaki panjang sehari sekali.

Shedding & Grooming

Bulu anjing Shiba termasuk tebal serta kadang rontok, apalagi saat musim semi serta akhir musim gugur. Buat itu, Kamu harus mengontrol, kapan waktu terbaik untuk perawatan bulunya.

Masa yang terbaik, dapat dilakukan sesudah mandi atau menyikatnya seminggu sekali. Hal ini juga berlaku dalam masalah perawatan kuku.

Kamu harus membiasakan memotong kukunya sejak masih kecil, agar terbiasa. Karena, apabila tidak, anjing ini tidak akan nurut saat Kamu memotongnya.

Cara Melatih

Optimalkan kemungkinan kecerdasan anjing Shiba untuk melatih hal-hal basic atau apapun itu yang dapat berguna keseharian. Misalnya, anjing ini akan cepat menerima arahan dari majikannya untuk housebreaking serta menaati perintah-perintah lainnya dari mengandalkan insting.

Selain itu, anjing akan semakin senang apabila Kamu memberinya hadiah, seperti makanan ringan. Apabila anjing happy, maka Kamu pun akan mudah untuk melatih serta mengurangi keras kepalanya anjing. Pasalnya, selain menyukai kebebasan, anjing ini tergolong keras kepala.

Kendati demikian, sifat alamiah anjing yang suka hilang, masih melekat. Apabila di luar rumah, usahakan untuk selalu memasang tali apabila tidak mau anjing cerdas ini hilang begitu saja.

Ditambah lagi dengan sifatnya yang suka kebebasan. Otomatis akan sangat mengkhawatirkan bukan kalau keluar rumah tanpa tali?

Makanan Anjing Shiba Inu

Makanan Anjing Shiba Inu

Seperti hewan lainnya, Kamu harus memberikan makan secara teratur serta sesuai porsinya. Tak terlalu banyak serta tidak terlalu sedikit. Banyaknya makanan anjing Shiba Inu antara setengah hingga satu setengah ukuran per harinya.

Sesi makan, ada dua. Adalah, pada pagi hari serta sore/malam hari.

Buat memberikan makanan terbaik, perhatikan beberapa hal berikut. Pertama, label makanan harus Kamu sesuaikan dengan kebutuhannya berdasar kegiatan, umur, serta riwayat kesehatan.

Kedua, ukuran harus disesuaikan dengan kebutuhan rata-rata tingkat kalori harian. Karena, kalau kekurangan kalori, anjing akan lemas. Sementara, kalau terlalu banyak kalori, anjing akan obesitas.

Disamping poin plus, selalu ada poin minus ya, misalnya, selain cerdas, ternyata juga keras kepala. Namun, semua itu dapat diatasi. Asalkan, Kamu rajin memberikan pelatihan.

Harga Anjing Shiba Inu

Anjing Shiba Inu sebenarnya dibanderol dengan harga yang bervariatif bergantung dari kondisi serta kualitas kemurnian rasnya. Namun, kami telah meringkas harga-harga anjing ini di pasaran.

Kondisi Harga
Shiba Inu Puppy (3 bulan) Rp500.000 – Rp4.000.000
Shiba Inu Remaja Rp2.000.000 – Rp6.000.000
Shiba Inu Dewasa Rp5.000.000 – Keatas

Itulah ulasan anjing Shiba Inu, mulai dari sejarahnya, ciri-cirinya, sifatnya, cara merawatnya, harga, hingga makanannya. Gimana, tertarik untuk mengadopsinya?

Related Articles

Back to top button