Kucing

Mengenal Tingkah Laku Kucing dan Artinya

Pecinta kucing pastinya telah lama memelihara kucing kesayangannya di rumah kan? Alasan kenapa kucing lebih baik dari hewan peliharaan lainnya dapat dibilang karena tingkah lakunya yang menggemaskan.

Sebagai pemilik kucing yang telah lama memeliharanya, sedikit demi sedikit anda pasti memahami karakteristik atau tingkah laku hewan kesayanganmu kan?

Terkadang tingkah laku kucing agak sulit untuk dimengerti karena ada beberapa kebiasaan yang jarang tampak.

Nah, setiap kucing pun punya tingkah laku yang berbeda-beda. Kita sebagai pecinta kucing ataupun yang bukan pecinta kucing wajib mempunyai pengetahuan tentang sifat kucing pada umumnya nih.

Kira-kira apa tingkah laku kucing aneh yang pernah anda alami? Mungkin dibawah ini  anda dapat memahami tingkah laku kucing serta artinya, yuk simak baik-baik!

Tingkah Laku Kucing Dan Artinya

Tingkah Laku Kucing Dan Artinya
Tingkah Laku Kucing Dan Artinya – Pet Central

Tingkah laku kucing sangat beragam. Setiap jenis pun terkadang berbeda-beda. Namun ada beberapa tingkah unik yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Buat itu simak terus informasinya berikut ini ya!

1. Berputar / Berguling

Apakah anda pernah menemukan kucing kesayanganmu yang kadang berputar serta bergulir di dekat kakimu? Pastinya anda akan bertanya-tanya mengapa dia selalu melakukan gerakan seperti ini. Apakah terpengaruh dengan catnip yang dikonsumsinya?

Jawabannya jelas tidak. Saat kucing berguling di hadapanmu biasanya ia menandakan bahwa dirinya sedang merasa aman serta mungkin mau perhatian lebih dari dirimu.

Kucing juga akan menandai area tersebut dengan aromanya sendiri serta mengklaim bahwa dirimu atau di ruangan ini adalah miliknya.

2. Menampilkan Area Pantat

Mungkin ini adalah hal yang cukup aneh bagi dirimu saat kucing menampilkan area pantat di depanmu. Terkadang kita agak sedikit mengelak kalau mereka melakukan itu.

Memang di kehidupan manusia tidaklah sopan untuk menunjukan sikap seperti itu.

Apalagi kalau sampai dia berulang kali dalam melakukan hal yang sama. Ini akan membuat kita sangat jengkel apabila kucing melakukan gerakan yang membelakangi kita.

Namun kucing punya pengertiannya tersendiri nih. Ekor yang terangkat dengan menghadap ke belakang menandakan bahwa kucing merasa aman serta ramah dengan menawarkan kesempatan untuk mengelus bagian belakang kucing.

Di kehidupan manusia, ini layaknya seorang teman yang menyapa serta memberikan pelukan erat saat bertemu. Info baiknya anda tidak perlu melakukan itu dengan kucing kesayangan.

Cukup dengan mengelus saja di area belakang dekat ekornya terus dia akan semakin merasa aman di dekatmu.

3. Menutup Kotorannya

Perilaku kucing yang seperti ini nampaknya adalah hal yang wajar. Kebanyakan kucing akan melakukan tingkah laku seperti ini untuk memberi tanda bahwa mereka habis buang air.

Ini ditunjukan bukan hanya untuk kucing lain melainkan juga untuk hewan dan makhluk lain termasuk juga manusia.

Kucing yang menutupi kotorannya berarti memiliki etika yang baik yang dipelajari dari induknya. Biasanya kucing rumahan lah yang memiliki sikap seperti ini.

Tapi kenyataannya, banyak kucing liar atau kucing kampung yang sengaja membiarkan tidak terkubur untuk mengklaim bahwa ini wilayah kekuasaannya.

4. Menutupi Makanan

Tingkah Laku Kucing Menutupi Makanan
Tingkah Laku Kucing Menutupi Makanan – Pet Life At the moment

Seluruh orang pastinya pernah mendengar kucing yang bawel serta rewel kan? Kebanyakan kucing punya sikap seperti ini karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena untuk menutupi makanan kesukaannya setelah dia mengkonsumsinya sebagian.

Apabila kucing menutupi makanan terbaiknya sebagian, itu mungkin perilaku naluriah karena diluar sana kucing liar akan menyimpan makananya untuk menjaganya tetap aman dari kucing lainnya.

5. Memakan Rumput

Kenapa kucing kadang memakan rumput? Sejatinya kucing memang hewan pemakan daging atau karnivora sejati.

Tetapi mereka juga sedikit menikmati nutrisi yang terkandung di dalam rumput liar serta tanaman hijau lainnya.

Di alam liar pun, mereka juga mengkonsumsi rumput serta tanaman untuk memiliki nutrisi yang mereka butuhkan.

Bahkan kucing liar atau kucing besar sengaja mengkonsumsi hewan pemakan rumput seperti rusa atau sapi terus mengkonsumsi usus mangsanya yang terkandung rumput-rumput yang mereka makan.

6. Kedipan Mata

Pernahkah anda melihat kucing yang mengedipkan mata? Nah, saat kucing yang mengedipkan mata kepada seseorang atau kucing lainnya, bukan berarti mereka menggoda kita.

Itu artinya bahwa kucing sedang melakukan komunikasi dengan mata kucing yang biasa disebut dengan ciuman kucing.

Kedipan mata yang lambat berarti rasa pujian yang besar terhadap kita. Ini merupakan sinyal yang baik bagi manusia karena kita bukanlah makhluk ancaman baginya.

Anda dapat membalas kedipan matanya untuk memberikan sinyal positif juga. Kemungkinan mereka akan segera membalasnya kembali.

7. Mengganggu Saat Menelepon

Kejadian ini memang cukup jarang. Beberapa pecinta kucing melaporkan pernah merasakan hal seperti ini.

Saat kita menerima telepon di dekat kucing kesayangan terus berbicara dengan lawan bicara kita, mereka akan merasa iri kemudian akan mengganggunya.

Bukan hanya saat kita menelepon saja, tapi di beberapa kegiatan seperti belajar, membaca buku, bekerja di depan laptop computer serta kegiatan lain, pasti akan ada waktunya kucing menginterupsi kita. Solusinya adalah dengan memberikan waktu yang lebih untuk bermain dengannya.

8. Mencakar Furnitur

Apabila Kamu mempunyai seekor kucing di rumah, tak jarang Kamu akan melihat dia mencakar-cakar suatu benda. Baik itu kardus, lengan meja, ataupun sofa. Mungkin Kamu akan merasa kesal karena hal ini dapat merusak perabotan Kamu. Akan tetapi, kucing melakukannya untuk beberapa hal.

Dilansir dari proplan.co.id, seluruh kucing melakukannya karena mau menajamkan kukunya, menandai wilayah kekuasaannya, serta meninggalkan aroma tubuhnya di permukaan benda tersebut. Kamu tentu tak dapat menghilangkan kebiasaan alami ini dari diri kucing. Solusinya, Kamu dapat memberikan beberapa mainan khusus untuk kucing mencakar-cakar di setiap sudut ruangan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Menggunakan Sunlight

9. Mengendus Barang-Barang

Kucing juga mempunyai kebiasaan mengendus-endus benda, apalagi untuk benda-benda yang baru dilihatnya. Indera penciuman kucing ini berfungsi sebagai penentu kehidupannya, seperti mengetahui status seksual kucing lain, berkomunikasi, berinteraksi dengan kucing lain, serta untuk mengidentifikasi wilayah. Apabila kucing Kamu kadang mengendus-endus barang di dalam rumah, mungkin itulah yang sedang dia lakukan.

10. Zoomies

Dilansir dari Wikipedia.org, ingar-bingar acak kegiatan periode atau disebut zoomies, adalah semburan acak energi yang terjadi pada anjing serta kucing di mana mereka menjalankan kegadugan. Kucing ketika zoomies akan berlari cepat ke sana ke sini sambil mengeong-ngeong dengan keras.

Hal ini terjadi sebagai tanda bahwa kucing tak memiliki cukup gerak atau bermain. Maka, ada baiknya Kamu memberikannya beberapa mainan serta mengajaknya bermain untuk memberikan kegiatan gerak lebih agar kucing lebih sibuk.

11. Menggosokkan Kepala atau Tubuh

Saat kucing menggosokkan kepala atau badannya kepada Kamu atau seseorang, artinya dia merasa nyaman, menunjukkan rasa kasih sayang, berterima kasih, atau mereka mencoba mencari perhatian agar dibelai. Selain itu, kebiasaan ini juga dilakukannya untuk memberi tanda bahwa sesuatu itu miliknya. Wah, so sweet sekali, ya.

12. Aktif dan Ribut di Malam Hari

Kucing sejatinya adalah hewan yang aktif di malam hari untuk berburu makanan. Namun bagi kucing rumahan, berburu malam tak perlu dilakukan. Kucing rumahan aktif ketika malam karena terlalu banyak tidur di siang hari. Hal ini tentu dapat diatasi.

Dilansir pet.webmd.com, kucing cenderung tidur setelah makan besar, maka beri makan kucing Kamu makanan utama pada malam hari. Hal lainnya, Kamu juga dapat memberikannya kegiatan yang lebih aktif di siang hari agar kucing sibuk. Kamu juga dapat mengajaknya bermain sebelum tidur sehingga dapat membuat mereka lelah serta rileks.

Nah, itulah dia beberapa tingkah laku kucing serta artinya yang terkadang kita belum sepenuhnya memahami. Buat anda pecinta kucing, pasti sudah pernah mendapatkan perlakuan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Related Articles

Back to top button