Satwa

Mengenal Ciri-ciri Hamster Stress dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini, memelihara hamster merupakan suatu kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang. Karena mayoritas masyarakat Indonesia, kebanyakan lebih menyukai jenis hewan yang dapat dipeluk, serta dapat berinteraksi dengan baik. Contohnya seperti kucing, kelinci, serta juga hewan kecil yang sedang kita bahas ini.

Namun sayangnya, tidak sedikit juga orang yang mengalami kegagalan, sebab hamster yang mereka pelihara mendadak stress, serta mati beberapa hari sesudah itu. Tentu hal ini disebabkan kurangnya pemahaman sang pemilik, tentang tata cara merawat hamster yang baik.

Oleh karenanya, marilah kita pelajari tentang beberapa ciri ciri hamster stress, serta bagaimana cara mengatasi perkara tersebut.

Ciri-ciri Hamster Yang Stress

Pada umumnya, hamster merupakan jenis hewan yang rentan sekali terhadap kawasan sekitar. Apabila terdapat beberapa perubahan terhadap lingkungannya, dapat membuat hamster menjadi stress, serta mudah terkena penyakit.
Apabila hamster yang baru saja anda beli melakukan beberapa hal yang tercantum dibawah ini, kalian harus segera mengatasinya. Karena kemungkinan besar hamster kalian sedang mengalami stress.

1. Mengeluarkan Suara

Karakteristik-ciri hamster stress yang pertama adalah, mengeluarkan suara. Apabila hamster yang kalian pelihara tiba-tiba mengeluarkan suara, serta seolah-olah sedang mendapat ancaman. Segeralah bawa kedokter hewan.
Karena pada dasarnya, hamster merupakan hewan pendiam. Apabila mereka mengeluarkan suara yang tidak wajar, sudah pasti hamster tersebut tengah mengalami gangguan kesehatan.

2. Tak Ingin Makan

Hamster yang mendadak kehilangan nafsu makan, salah satu ciri-ciri stress yang harus kalian waspadai. Tentunya kita telah mengetahui bahwa hamster kerap sekali menyimpan makanannya, untuk merawat dirinya agar tidak lapar pada malam hari.
Namun hamster yang sedang stress, biasanya tidak akan menyimpan cadangan makanan, serta cenderung lebih suka mengonsumsi makanan di luar, dibandingkan di dalam kandang.

3. Berjuang Melarikan Diri

Hamster yang berusaha melarikan diri dari kandangnya, merupakan suatu perilaku yang regular saja. Karena mungkin mereka hanya merasa sedikit bosan saja pada kawasan kandangnya.
Akan tetapi kalau pada saat kalian menggenggam hamster, serta tampak seperti ada sedikit pemberontakan, kemudian mereka mengeluarkan telinga ke arah depan, serta mengembangkan pipinya. Waspadailah hal tersebut, karena itu termasuk ciri ciri hamster stress.

4. Berperilaku Agresif

Selain berusaha melarikan diri, hamster yang berperilaku agresif juga harus kalian perhatikan. Hamster yang sedang stress, biasanya kerap berperilaku seperti mau menyerang, dengan apapun yang mendekatinya.
Pada kondisi seperti ini, sebaiknya kalian jangan dulu berinteraksi dengan hamster, biarkan ia menenangkan dirinya terlebih dahulu. Namun kalau beberapa hari tidak ada perubahan, segerelah bawa ke dokter hewan terdekat.

5. Kadang Bertingkah Aneh

Hamster yang tengah mengalami stress, biasanya suka bertingkah tidak jelas. Misalnya seperti menggigiti jeruji kandang, memakan serbuk kayu, bahkan sampai melukai dirinya sendiri.

Perilaku seperti ini, biasanya dikarenakan oleh kawasan yang kurang nyaman, sehingga mereka akan mengeluarkan tenaga, untuk menghilangkan rasa stressnya.

6. Bulu Merontok

Hamster yang sudah mengidap stress yang terlalu parah, biasanya akan mengalami kerontokan bulu berulang-ulang kali. Meskipun pemicu bulu rontok tidak hanya dikarenakan oleh stress, tetap saja ini adalah perkara yang harus segera ditangani.

Baca Juga : 

Langkah Mengatasi Stress Pada Hamster

Nah, kalau kalian telah memahami tentang ciri ciri hamster stress, maka kalian juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Karena kalau tidak segera ditangani, kemungkinan dalam jangka waktu dekat, hamster kalian akan mengalami kematian.

1. Mempercantik Area Sekeliling

Merpercantik kawasan, adalah salah satu cara mengatasi hamster stress. Karena kawasan yang tidak baik, akan menciptakan rasa bosan, sehingga hamster dapat mudah stress.
Oleh karenanya, sebaiknya kalian mengatur kembali kawasan sekitar, dengan membuat kandang baru, serta beberapa mainan seperti roda berputar, serta terowongan

2. Berinteraksi Dengan Bagus

Buat melakukan interaksi yang baik pada hamster, kalian hanya perlu kerap bermain dengannya, dengan jadwal yang telah kalian atur.
Akan tetapi, usahakan kalian selalu hadir pada jadwal bermain tersebut. Karena hamster dapat saja stress, karena berusaha mencari kalian.

3. Meletakkan Kandang Pada Lokasi Nan Nyaman

Penempatan kandang, ternyata adalah salah satu pemicu datangnya rasa stress pada hamster. Karena kalau menempatkan kandang sembarangan, hamster akan mudah sekali menjadi sasaran hewan predator.
Jadi, tempatkanlah kandang hamster pada tempat yang aman, serta juga dapat terpantau setiap waktu.
 
Nah, mungkin seperti itulah penjelasan dari kami, mengenai cara mengatasi serta ciri ciri hamster stress. Asa kami, semoga artikel ini dapat berguna, bagi siapapun yang masih kesulitan dalam merawat hamster.
Back to top button