Burunglovebird

Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Jinak

Mendengar kicauan burung di teras rumah adalah hal yang sangat indah dilakukan setiap pagi. Apalagi, kalau melihat burung dengan warna serta corak tubuh yang sangat memukau.

Dengan warna-warni bulu yang seperti pelangi, burung jenis Lovebird menjadi pilihan hampir setiap kolektor burung. Selain dinilai mempunyai suara kicauan yang merdu, merawat burung Lovebird juga dapat dikategorikan mudah.

Selain itu Lovebird juga merupakan jenis burung kicau yang cukup banyak diikutsertakan dalam kontes. Hal ini disebabkan kicauannya yang gacor serta ngekek panjang. Oleh sebab itulah, banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Tak perlu panjang lebar lagi, berikut adalah cara merawat burung lovebird agar cepat gacor serta ngekek panjang yang dapat anda praktikkan di rumah.

Apa Saja Kriteria Lovebird Bahan Yang Berkualitas?

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Gacor
Karakteristik-Karakteristik Lovebird Berkualitas – Pinterest

Apabila anda mau mempunyai Lovebird yang hanya sekadar dipelihara saja, mungkin tidak terlalu banyak pertimbangan yang anda lakukan saat memilihnya. Namun hal ini berbeda jika anda mau menjadikan Lovebird jawara kontes.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tata cara merawat Lovebird, berikut beberapa kriteria pemilihan Lovebird bahan berkualitas yang dapat anda perhatikan.

  • Pilih bakalan Lovebird yang mempunyai keturunan atau silsilah dari induk yang berkualitas atau pernah juara kontes.
  • Pilih bakalan Lovebird bermental fighter, di mana gerak-geriknya lincah serta tetap bersuara walaupun berada dalam kondisi tempat yang ramai.
  • Sebaiknya pelihara Lovebird anakan berumur 2,5-3 bulan agar lebih mudah dijinakkan serta harganya relatif lebih murah.
  • Pastikan Lovebird sehat secara fisik serta tidak cacat. Perhatikan bagian tubuh, seperti postur badan, sayap, kepala, kaki, serta bagian lainnya.
  • Lebih baik memilih Lovebird jantan untuk kontes disebabkan faktor psychological serta genetiknya yang lebih unggul dibanding Lovebird betina.

Kumpulan Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Serta Ngekek Panjang

Meski tidak sulit serta murah, bagi anda yang belum pernah memeliharanya tetap harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya agar tumbuh menjadi Lovebird yang cantik serta pintar.

Melalui langkah-langkah berikut ini, anda dapat merawatnya menjadi burung yang cantik serta pintar.

1. Memilih Kandang Yang Baik Bagi Lovebird

Cara Merawat Lovebird
Langkah Merawat Lovebird – Burung Grasp

Sama seperti burung pada umumnya, kandang adalah suatu hal yang sangat penting untuk mempunyai burung jenis Lovebird ini. Karena Lovebird adalah termasuk spesies burung yang lincah, maka sebelum anda membeli kandang untuk Lovebird, pastikan terlebih dahulu ukuran dari kandang tersebut.

Lovebird termasuk burung dengan ukuran yang kecil. Sangat penting untuk memilih kandang dengan sekat-sekat kurang dari 1.5 cm. Karena, jika sekat yang besar dapat membuat burung Lovebird tersangkut di dalamnya.

Selain sekat, hal yang perlu dicermati dalam memilih kandang adalah bentuknya. Menurut beberapa dokter hewan, bentuk kandang dapat sangat mempengaruhi psikologis dari burung lovebird.

Walaupun burung Lovebird ini mempunyai rentan umur yang cukup tinggi, bentuk kandang kotak serta digantung dapat membuat burung jenis Lovebird ini hidup hingga 20 tahun.

Karena itulah, banyak kolektor burung Lovebird yang memilih bentuk kandang yang digantung agar burung jenis Lovebird ini merasa nyaman serta dapat bergerak dengan bebas.

2. Bersihkan Kandang Secara Teratur

Ketika anda sudah berhasil memilih kandang yang tepat untuk burung Lovebird, pastikan juga untuk selalu membersihkan kandang tersebut. Karena, kandang burung Lovebird sangat rentan untuk kotor.

Terdapat beberapa tahapan untuk membersihkan kandang, yaitu sehari sekali serta juga seminggu sekali. Bersihkan sekat kandang dengan cara mengelap paling tidak sehari sekali serta juga bersihkan sisa- sisa makanan setelah burung Lovebird selesai menyantap habis makanannya.

Seminggu sekali, bersihkan kandang secara menyeluruh menggunakan air yang mengalir. Selain membersihkan kandang dengan air, mencuci bersih juga tempat bertengger burung ini. Karena, tempat bertengger burung Lovebird ini dapat menyimpan banyak kotoran kalau tidak dibersihkan secara benar.

Lokasi bertengger yang kotor akan membuat burung Lovebird tidak betah berlama- lama. Buat hasil yang maksimal, gunakanlah sabun mencuci yang aman bagi hewan

3. Memilih Nutrisi Makanan Yang Baik

Buat merawat kesehatan burung Lovebird diperlukan nutrisi serta vitamin yang tepat. Sama halnya juga dengan kebanyakan burung lain, burung Lovebird membutuhkan nutrisi dari buah yang masih segar.

Menurut pendapat dari dokter hewan, burung Lovebird setidaknya diberi makan buah yang masih segar paling tidak 4 kali seminggu. Dalam kurun waktu tersebut, burung Lovebird akan menyukai buah-buah seperti apel, pisang, serta juga Pepaya. Tiga buah tersebut pun dapat memberi nutrisi serta vitamin yang kompleks bagi Lovebird.

Burung Lovebird yang ada di rumahmu akan sangat menyukai makanan seperti biji-bijian sebagai makanan sehari-hari. Namun, porsi dari biji-bijian yang diberikan ke burung Lovebird juga harus cocok dengan ukuran yang sudah ditentukan, yaitu 1 sendok makan.

Perlu diingat untuk selalu buang setiap makanan sisa. Apabila tidak, burung Lovebird akan terus menerus mengkonsumsi makanan tersebut. Apabila porsi makanan burung Lovebird tidak diatur, maka akan menyebabkan penyakit obesitas.

Jangan lupa untuk selalu menghindari memberi makan dengan kandungan lemak yang tinggi karena akan membuat burung rentan terkena berbagai macam penyakit.

4. Selalu Tempatkan Burung Lovebirds Dengan Pasangannya

Cara Memelihara Lovebird
Jodohkan Burung Lovebirds Dengan Pasangannya – Pinterest

Burung Lovebird merupakan jenis burung yang membutuhkan kehidupan sosial yang tinggi. Dalam menempatkan burung Lovebird di dalam kandangan, penting dilakukan untuk memasangkan burung Lovebird dengan lawan jenisnya.

Dokter hewan percaya kalau burung Lovebird dapat mengembangkan rasa keterikatan yang tinggi antara satu sama lain. Unsur sosial menjadi salah satu faktor yang amat penting bagi kesehatan burung Lovebird ini.

Walaupun Lovebird adalah jenis burung yang dapat dikategorikan sangat sosial, baiknya tidak memasangkan burung Lovebird ini dengan burung jenis lain. Karena, belum tentu burung selain Lovebird akan merasa nyaman jika ditempatkan di kandang yang sama.

5. Pindahkan Lovebird Jantan Dan Betina Saat Proses Pengeraman

Ketika Lovebird memasuki waktu pengeraman, sebaiknya anda segera memisahkan antara Lovebird jantan dengan betina agar telur tetap terjaga serta menetas dengan baik.

Biarkan Lovebird betina berada di dalamnya kandangnya sendirian untuk melakukan proses pengereman. Sebagai gantinya, anda dapat menaruh Lovebird jantan pada satu kandang yang sama dengan betina lain agar dapat memasuki masa pengawinan selanjutnya.

Selama proses ini juga, berikan perhatian lebih pada induk betina Lovebird dengan memberikan makanan kaya gizi agar memiliki hasil anakan yang lebih baik.

6. Melakukan Pemasteran

Burung Lovebird yang hendak diikutkan kontes perlu melakukan pemasteran agar suara yang dihasilkan menjadi lebih merdu, gacor, serta dapat ngekek panjang.

Hal ini dilakukan dengan cara menggantung kandang burung di tempat sunyi serta memperdengarkan rekaman suara burung masteran.

Pastikan anda tidak melakukan pemasteran terlalu sering. Beri jeda agar burung Lovebird dapat beristirahat serta staminanya tidak terkuras habis.

Beberapa pemelihara yang menginginkan burung cepat gacor serta ngekek panjang, kadang juga dapat mengombinasikan hal ini dengan memberikan vitamin untuk meningkatkan staminanya.

7. Rutin Cek Ke Dokter Hewan Terdekat

Walaupun anda merasa bahwa burung Lovebird milikmu tinggal nyaman dalam kandangnya, ada baiknya untuk teratur cek kesehatan dari burung satu ini.

Paling tidak 6 bulan sekali, pergilah ke dokter hewan bersama burung Lovebird milikmu. Terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui juga kalau burung Lovebird dalam keadaan yang tidak sehat, adalah kalau burung Lovebird mulai bertengger dengan satu kaki.

Hal ini menandakan bahwa burung jenis Lovebird ini dalam keadaan yang tidak sehat. Buat itu, pengecekan rutin ke dokter hewan dapat menghindari Lovebird untuk sakit.

Sebagai tambahan, dokter hewan juga akan merekomendasikan apakah Lovebird membutuhkan nutrisi tambahan atau tidak. Walaupun anda merasa bahwa burung Lovebird milikmu sudah memiliki nutrisi yang cukup, tidak ada salahnya bukan untuk tahu nutrisi serta vitamin apa yang kurang dalam food regimen burung jenis ini.

Apabila memang Lovebird membutuhkan nutrisi tambahan, dokter hewan pun akan memberikan vitamin yang dibutuhkan agar Lovebird dapat hidup lebih lama serta juga lebih sehat.

Itu dia kumpulan cara merawat Lovebird menjadi burung yang cantik, anggun, serta pintar. Jika menginginkan lovebird jadi jawara kontes, jangan ragu untuk bertanya pada pakarnya.

Selebihnya pastikan semuanya tersedia serta dilakukan dengan baik. Kebersihan serta kesehatan menjadi prioritas ketika anda mau memelihara burung ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button